Petra Business School di Surabaya Barat, Gerbang ke Pendidikan Internasional

60 views
Ki-ka: Josua Tarigan (dekan SBM PCU) dan Prof. Djwantoro (rektor PCU) saat mengumumkan tentang Petra Business School di Fairwaynine Mall (foto : ist)

hariansurabaya.com | SURABAYA – Globalization of Education semakin tak terelakkan di masa perubahan seperti saat ini. Termasuk kebutuhan masyarakat akan entrepreneur dan profesional andal yang berwawasan global, dan memiliki integritas tinggi serta memahami konteks lokal. Melihat fenomena itu, PCU (Petra Christian University) kemudian menginisiasi Petra Business School yang disingkat dengan PBS.

International Day of Education yang ditetapkan oleh United Nations setiap tanggal 24 Januari, dipilih untuk menjadi momen diselenggarakannya Soft Launching PBS. Hal itu menunjukkan komitmen PCU dalam mengupayakan transformasi, dan memberikan kualitas pendidikan global untuk kaum muda sebagai generasi penerus.

PBS akan mulai beroperasi secara penuh pada bulan Agustus 2024, di Fairway Nine Mall (d/h: Lenmarc Mall), Surabaya Barat. Wilayah Surabaya Barat diketahui merupakan masa depan metropolis, dimana pusat komersial seperti perkantoran dan pusat perbelanjaan, sudah bertumbuh dengan sangat pesat. Sehingga keberadaan PBS di wilayah tersebut sangatlah tepat, karena mampu memfasilitasi para mahasiswa untuk belajar secara langsung di tengah ekosistem bisnis Kota Surabaya.

“Era perdagangan pasar bebas ini jadi sebuah tantangan bagi pendidikan Indonesia. Tapi menurut saya, itu justru bisa jadi peluang bagi kampus, untuk mengambil peran sebagai motor atau penggerak dalam memberikan akses pendidikan berkualitas yang seluas-luasnya kepada masyarakat. Salah satu tantangan yang terjadi adalah makin banyak generasi muda siswa memilih berkuliah di luar negeri, karena dianggap bisa membuat mereka punya pola pikir yang global. Maka dari itu PCU menginisiasi PBS ini sebagai jawaban di tengah tantangan tersebut tidak hanya untuk anak muda kita, tetapi juga untuk menarik mahasiswa asing belajar di Surabaya,” kata Rektor PCU, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M. Eng., saat ditemui di kantornya (23/01).

Sementara itu, Josua Tarigan, Ph.D., Dekan SBM (School of Business and Management) PCU sekaligus penanggung jawab PBS mengatakan akan ada beberapa program yang dapat dipelajari dengan konsep pendidikan global yang sesuai kebutuhan pasar. Di antaranya adalah International Pathway program, Master’s Program in Management, dan Doctoral Program in Leadership and Management.

“Teman-teman yang telah menyelesaikan masa studi di SMA yang kemudian memilih berkuliah di lingkungan dan berstandar internasional, secara khusus dapat mengambil International Pathway program yang terdiri dari International Business Management (IBM), International Business Accounting (IBAcc), International Digital Accounting and Fraud (IDAF) serta Global Entrepreneurship and Innovation (GEiN),” ujar Josua.

Tak perlu khawatir, dalam program International Pathway, mahasiswa akan belajar di Indonesia selama dua tahun pertama. Selama itulah mereka akan dipersiapkan secara matang, sebelum dua tahun berikutnya melakukan studi di negara pilihannya masing-masing.

Jadi PBS adalah alternatif yang sangat baik untuk rekan-rekan muda, meningkatkan skill dan kapasitas global, tetapi tetap memahami konteks lokal dan regional, yang nantinya sangat diperlukan dalam karirnya.

Djwantoro menambahkan, persiapan untuk kuliah di luar negeri itu juga sangatlah penting. Ada banyak hal yang mungkin akan dihadapi, seperti Culture shock, ancaman pergaulan bebas, kesiapan bahasa, pengetahuan, dan tentunya juga kematangan serta kepercayaan diri. Oleh karena itu PBS memberikan bekal kepada mereka agar nantinya bisa beradaptasi dengan lebih mudah, seperti memberi pelatihan soft skill atau keahlian tertentu yang dibutuhkan di negara asing tersebut.

“Sesuai visi PCU sebagai institusi pendidikan Kristen yang peduli dan global, maka kami bertanggung jawab untuk membina para mahasiswa agar dapat transfer secara mulus ke universitas terkemuka di dunia dengan karakter LIGHT (Love, Integrity, Growth, Humility, Truth),” tambah Djwantoro.

Dalam PBS ini sendiri, para mahasiswa bisa memilih beberapa kampus yang ada di benua Asia, Australia, Kanada, Amerika hingga United Kingdom. Sehingga kurikulum di PBS pun akan didesain secara khusus untuk memenuhi kebutuhan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang studi yang diinginkan, sesuai universitas di luar negeri yang menjadi tujuan dan tentu saja berkarya, tidak hanya di ranah global di luar negeri, tetapi juga berkarya dari tanah air Indonesia.

Dengan begitu selain meraih gelar, mahasiswa yang memilih PBS juga akan menjadikan individu yang siap beradaptasi dengan kualitas tinggi di tingkat global yang sangat dinamis. Tak hanya itu saja, PBS juga disiapkan untuk memfasilitasi mahasiswa-mahasiswa asing yang akan belajar di Indonesia.

Sekilas tentang Petra Christian University (PCU), sebuah universitas swasta yang berdiri sejak tahun 1961 bertempat di Surabaya, Indonesia. PCU memiliki fakultas-fakultas yang terkemuka di bidang pendidikan, teknologi, konstruksi, bisnis, dan industri kreatif. (dms)