Monumen Polri Diharapkan jadi Destinasi Wisata di Surabaya Pasca Renovasi

104 views

SURABAYA – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin ingin Monumen Perjuangan Polri bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Surabaya usai direnovasi ulang.

“Kita bikin bagus agar bisa menjadi salah satu destinasi wisata. Tamannya sudah bagus, menitipkan ke Bu Risma (Wali Kota Surabaya) untuk merawat monumen ini juga,” kata Kapolda Jatim di sela peresmian Monumen Perjuangan Polri usai direnovasi di Surabaya, Senin (20/8/2018).

Machfud menambahkan, direnovasinya monumen tersebut agar generasi muda, terutama anggota kepolisian dapat mengambil inspirasi dari perjuangan pejuangan dalam mempertahankan kemerdekaan. Juga agar generasi muda mengisi kemerdekaan RI dengan hal positif.

“Ada perjuangan Polri dalam monumen itu. Generasi muda, penerus bagaimana mengisi kemerdekaan dan meneruskan semangat para pejuang. Menjadi pelayan yang terbaik bagi masyarakat sebagaimana tugas Polri,” ujarnya.

Machfud melihat monumen itu sangat bersejarah tapi dalam keadaan yang kurang layak. Padahal, Kota Surabaya sudah bagus, sudah tertata dengan baik tapi monumennya kurang bagus. “Jadi kita perbaiki supaya punya nilai selain sejarah juga perjuangan,” imbuhnya.

Jenderal bintang dua ini mengungkapkan, proses renovasi memakan waktu dua-tiga bulan. Dirinya juga tidak mempunyai pemikiran renovasi bisa selesai berbarengan dengan HUT RI ke-73.

“Saya hanya berkeinginan untuk memperbaiki supaya layak dan mempercantik Surabaya,” pungkasnya. (rur)