Ribuan Pekerja Informal di Kelurahan Genteng Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan 

173 views

SURABAYA – Ribuan warga yang berada di Kelurahan Genteng, Kecamatan Genteng Surabaya dipastikan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo. Kelurahan Genteng yang mayoritas warganya berprofesi sebagai pekerja mandiri atau pelaku UMKM, kader dan pedagang ini sangat membutuhkan jaminan sosial untuk membentengi dirinya dari kecelakaan saat bekerja.

Hal tersebut diungkapkan Nuriati, Lurah Genteng disela kegiatan jalan sehat dan bazar memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Jl. Simpang Dukuh, Surabaya, Minggu (26/8) pagi.

“Saya sangat senang dan mengapresiasi niat positif BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo sebagai mitra ormas Garda Mencegah Dan Mengobati (GMDM) kota Surabaya untuk melindungi warga kami dengan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan,” kata Nuriati yang berkeinginan membuka sentra kuliner khas Suroboyoan di taman Ekspresi kawasan Getengkali.

Sementara Ketua GMDM kota Surabaya, Yayuk Sri Wahyuningsih menambahkan, potensi kepesertaan untuk pekerja mandiri dan pelaku UMKM yang akan diikutkan ke program BPJS Ketenagakerjaan di Surabaya mencapai 10 ribu orang.

“Dan hingga saat ini sudah sebanyak 3000 pekerja mandiri dan UMKM yang sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, termasuk driver online Gobackae yang baru saja kami launching. Dan sisanya akan segera bergabung paling lambat akhir 2018 nanti,” kata Yayuk yang didampingi Sekretaris GMDN Jatim, Siswanto.

Sedangkan Kabid Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo, Ferina Burhan yang mewakili Kakacab Poedji Santoso memastikan, bahwa sebanyak 1000 warga yang ada di Kelurahan Genteng sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Dengan iuran perbulan hanya Rp 16.800, ribuan warga di Kelurahan Genteng yang mayoritas pedagang, kader dan UMKM akan terdaftar di sektor pekerja bukan penerima upah atau BPU dalam 2 program, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM),” tukas Ferina.

Selain pedagang dan pelaku UMKM, yang termasuk pekerja BPU atau informal, lanjut Ferina adalah mulai dari pengurus RT/RW, LPMK, Kader Penggerak PKK, Kader PAUD, Posyandu, tukang becak, tukang Parkir serta Karang Taruna.

Dalam kegiatan tersebut, juga diserahkan secara simbolis kartu kepesertaan baru BPJS Ketenagakerjaan kepada salah satu warga setempat.

Perlu diketahui, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo selalu mensuport kegiatan yang digagas GMDM kota Surabaya selaku mitra, termasuk kegiatan jalan sehat dan bazar bersama warga Kel Genteng. (try)