37.286 Personel TNI-Polri di Jatim Pecahkan Rekor Muri Menari Gemu Famire

100 views

SURABAYA – Upaya pemecahan Rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) menari atau joget Gemu Famire secara kolosal digelar jelang HUT TNI tahun 2018. Di Jawa Timur, pemecahan rekor dipusatkan di beberapa titik melibatkan total 37.286 personel baik dari TNI-Polri dan ASN beserta keluarga yang digelar serentak, Selasa (4/9/2018) pagi.

Salah satunya di Makodam V Brawijaya diikuti 6.504 personel. Hal serupa dilakukan di pelbagai wilayah di jajaran Kodam. Di antaranya di wilayah Korem 081/DSJ dengan melibatkan 4.100 personel di Lanud Iswahyudi Magetan. Di Korem 082/CPYJ diikuti 4.260 personel dipusatkan di Simpang 5 Gumul Kediri.

Di jajaran Korem 083/BDJ ditempatkan di tiga titik. Di Lapangan Rampal Malang sebanyak 5.604 personel, di Kostrad Jember 3.502 personel dan di Situbondo sebanyak 2.050 personel. Dari jajaran TNI AL juga digelar dan dipusatkan di Mako Koarmada II di Ujung Perak Surabaya diikuti 11. 280 personel.

Kepala Staf Kodam V Brawijaya, Brigjen TNI Widodo Iryansyah mengatakan, pemecahan rekor ini dilakukan serentak secara nasional. “Untuk Tari Gemu Famire ini se-Indonesia diikuti hampir 400 ribu orang. Di Jawa Timur ada sekitar 37 ribu. Ada di Kodam sekitar 6.500 dan Armada II sekitar 11 ribu serta di jajaran Korem,” jelasnya.

Ia mengatakan, pemecahan rekor ini sebagai upaya melestarikan budaya bangsa Indonesia yang luar biasa. “Ini sebagai bentuk menghargai budaya bangsa dan ciptaan para pendahulu bangsa. Kita juga ingin tunjukkan pada generasi muda kita bahwa bangsa Indonesia kaya akan budaya,” tuturnya.

Kasdam berharap, masyarakat Indonesia juga lebih mencintai budaya Indonesia. “Jangan sampai budaya kita ini diakui sebagai budaya bangsa lain. Salah satunya dengan tetap melestarikan budaya bangsa kita yang luar biasa ini,” imbuhnya.(rur)