Mungil Tampilannya, Sangar Power dan Torsinya.

SURABAYA – Sebagai mobil konsep, Daihatsu Ayla Turbo yang merupakan hasil Research and Development (R&D) Center PT Astra Daihatsu Motor ini sempat tampil dalam GIIAS Surabaya 2019 beberapa waktu lalu.

Ayla Turbo memang dirancang sebagai bagian dari tren otomotif masa kini dan bukan untuk diproduksi secara masal. Pihak R&D Daihatsu di Indonesia ingin menunjukkan bahwa tujuan diciptakannya kendaraan ini adalah untuk memberikan inspirasi dalam modifikasi kendaraan khususnya yang menggunakan teknologi Turbo.

Modifikasi Ayla Turbo ini punya perubahan yang signifikan diantaranya pada sektor mesin, transmisi, exhaust system, area body kendaran, suspensi, roda, serta yang paling utama adalah penyematan komponen Turbocharger sehingga kendaraan ini layak uji di sirkuit dan sesuai standar regulasi yang ditetapkan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Desain Engineering Executive Coordinator R&D PT Astra Daihatsu Motor, Soni Satriya mengatakan, Ayla Turbo ini sebagai ajang pembuktian kemampuan R&D ADM dan sebagai bagian dari tren otomotif terkini.

“Ayla Turbo diharapakan dapat menjadi inspirasi bagi pelanggan dan penggemar modifikasi sehingga mobil-mobil keluaran Daihatsu khususnya Ayla Turbo ini bisa memenuhi hasrat modifikasi yang lebih maksimal,” katanya.

Melalui uji coba dan pengetesan mobil yang telah dilakukan oleh pihak Daihatsu, kini performa Ayla Turbo meningkat cukup signifikan dari pada versi standarnya. Untuk tenaganya maningkat sebesar 200 hp dan memiliki torsi sebesar 242 nm. Untuk mencapai kecepatan dari 0-100 km/jam dibutuhkan wakty sekitar 9,04 detik. Cukup fantastis untuk mobil sekecil itu.

Kapasitas mesinnya sendiri sebesar 1,2 lliter dilengkapi Low Compession Piston. Untuk velgnya menggunakan ukuran 15 inch sehingga handlingnya lebih stabil pada saat digunakan bermanuver di kecepatan tinggi. Ubahan lainnya pada sistem suspensi yang kini dibuat lebih rigid guna meningkatkan stabilitas dan mencegah terjadinya body roll. Dan tak ketinggalan Ayla Turbo juga memiliki sistem pendinginan yang dilengkapi oil cooler agar suhu pelumas tidak terlalu panas berlebihan. (indra)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Harian Surabaya @2018, All right reserved