Siti Aswinda: Pemenang SisBerdaya dari Medan Bagikan Kisah Suksesnya di Voyage Conference Ant International

27 views
Siti Aswinda: Pemenang SisBerdaya dari Medan Bagikan Kisah Suksesnya di Voyage Conference Ant International
Siti Aswinda: Pemenang SisBerdaya dari Medan Bagikan Kisah Suksesnya di Voyage Conference Ant International

hariansurabaya.com | SINGAPURA – Selain meraih juara pertama program SisBerdaya kategori Usaha Mikro Area 1, Siti Aswinda kembali menjadi sorotan saat menceritakan kisah suksesnya di kancah internasional. Siti berbagi pengalamannya sebagai wirausaha perempuan yang mengembangkan bisnisnya melalui SisBerdaya di Voyage Conference, acara unggulan Ant International di Singapura. DANA Indonesia, sebagai mitra ekosistem global Ant International, mendapat kehormatan untuk membagikan cerita program SisBerdaya yang berdampak.

Dihadapan 700 penonton internasional Voyage Conference yang diselenggarakan Ant International, Siti Aswinda menceritakan pengalamannya menjadi salah satu peserta terpilih dari 2.400 pendaftar program SisBerdaya se-Indonesia pada tahun lalu. Voyage Conference, acara unggulan Ant International, berupaya menawarkan platform global bagi para pemimpin bisnis untuk mendiskusikan visi dan inovasi yang membentuk masa depan industri.

Memasuki dunia usaha, kerap bukanlah sebuah keputusan mudah. Begitu pula kisah Siti Aswinda yang melepas karirnya di dunia perbankan, untuk meluangkan waktu lebih banyak bersama sang anak. Merintis usaha di bidang kuliner jadi pilihannya, dengan maksud mempertahankan stabilitas keuangan keluarga. Siti Aswinda kemudian memproduksi makanan favorit keluarganya yaitu bakso, dan mendirikan usaha dengan label ‘Bakso Makiji’ di Kota Medan. Kegigihannya membuat Siti terus bereksplorasi menghasilkan berbagai varian bakso yang menggugah selera dan mengambil berbagai kesempatan untuk memiliki pengetahuan bisnis yang mendalam, termasuk mengikuti program SisBerdaya dari DANA dan Ant Group pada Maret 2023 lalu. Ketekunannya pun berbuah hasil.

Siti Aswinda, pemilik Bakso Makijimengatakan, “Memutuskan untuk berpartisipasi dalam program SisBerdaya, merupakan salah satu keputusan terbaik yang saya lakukan selama berbisnis. Perempuan yang berwirausaha sering kali masih dipandang sebelah mata, maka dari itu saya pun tergerak untuk membekali diri dengan lebih banyak keterampilan dan pengetahuan. Dengan demikian, saya bisa membuktikan bahwa perempuan mampu berkarya dan berwirausaha. Lewat program SisBerdaya, saya dipertemukan dengan berbagai hal yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya, seperti networking, keterampilan, pengetahuan, hingga akses permodalan.”

Komitmen Siti Aswinda berhasil ia buktikan dengan menorehkan prestasinya sebagai Pemenang Utama dari kompetisi presentasi final di Area 1 yang mewakili Kalimantan dan Sumatera. Keuletannya mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama program SisBerdaya, juga ditunjukkan melalui performa penjualan Bakso Makiji yang terus meningkat. Bakso Makiji yang dahulu dibuat dengan hanya bermodalkan uang Rp300.000, saat ini bisa menghasilkan pendapatan lebih dari 100 kali lipat. Dengan mendigitalisasi bisnisnya, Siti Aswinda juga berhasil mendongkrak pendapatan Bakso Makiji sebesar 83 persen setelah mengikuti program SisBerdaya dan mampu memproduksi lebih dari 1.300 pak Bakso Makiji.

“Kebersamaan dan dukungan dari peserta program SisBerdaya maupun DANA dan Ant Group masih terus mengalir hingga hari ini. Selain mendapatkan dukungan melalui pertemuan rutin secara bulanan, para peserta program SisBerdaya juga sering kali bertukar pikiran maupun mendapatkan ilmu pengetahuan dari para ahli yang dibawakan oleh DANA. Lewat SisBerdaya, saya yakin setiap perempuan dapat berwirausaha. Tentu bukan jalan yang mudah, tetapi jika saya bisa, makan perempuan lain pun bisa melakukannya,” lanjut Siti.

Carrie Suen, Senior Advisor Global Affairs & Sustainability Strategies, Ant International mengatakan, “Merupakan momen yang membanggakan bagi Ant International untuk dapat menampilkan kisah sukses program wirausaha perempuan SisBerdaya dari mitra ekosistem kami DANA Indonesia, di kancah internasional. Di Ant International, kami percaya bahwa teknologi keuangan mampu membentuk masa depan yang baik untuk lingkungan maupun sosial. Bersama-sama, mari kita ciptakan dunia yang tidak hanya inovatif, namun juga bertanggung jawab dan inklusif bagi semua orang.”

Program SisBerdaya, merupakan inisiatif lokal besutan DANA dan Ant Group, yang didedikasikan untuk memberdayakan wirausahawan perempuan Indonesia, terutama bagi mereka yang menggeluti bisnis ultra-mikro dan mikro. Berlangsung selama tiga bulan lamanya yaitu sejak Maret hingga Mei 2023, SisBerdaya sukses menjaring lebih dari 2.400 pendaftar di berbagai daerah di Indonesia. Kemudian, 180 pendaftar yang paling menonjol dipilih untuk mendapatkan pendampingan selama sebulan lamanya dan pelatihan keterampilan dari berbagai ahli dari DANA, Ant Group, Pemerintah, dan mitra dari berbagai industri. Malam final SisBerdaya digelar pada 31 Mei 2023 lalu dan melahirkan enam Pemenang Utama di tiga kategori area berbeda.(ac)