Srikandi Bukalapak Surabaya harus jago atur keuangan dan jaga kesehatan

SURABAYA – Dengan menggandeng Bank Commonwealth melaui program WISE, Bukalapak menggelar roadshow ke-2 di 6 kota. Sebagai kota pertama adalah Surabaya dilanjutkan Bekasi, Medan, Tangerang, Banjarmasin dan Blitar.  Hadir sebagai nara sumber adalah Arresto Ario, Senior Vice President Business Transformation Advisor Bank Commonwealth dan dr. Indra Yuliati, SpOG(K), dengan menghadirkan 100 Srikandi Bukalapak wilayah Surabaya yang mengambil tema “Financial Management dan Kesehatan Perempuan”.

Perempuan masa kini memang dituntut pandai mengatur keuangan keluarga. Tapi perempuan juga dituntut untuk lebih peduli terhadap kesehatan. Karena Perempuan memiliki peranan penting dalam pengelolaan gaya hidup sehat di keluarga. Sangat penting bagi kaum Perempuan untuk mengenali gejala dan melakukan deteksi dini berbagai macam penyakit yang menyerang pada tubuh Perempuan, terutama kanker serviks.

Sedangkan Ian Agisti, Community Program Manager Bukalapak mengatakan bahwa dia melihat edukasi mengenai pengaturan keuangan serta pengelolaan gaya hidup sehat untuk para Srikandi Pelapak ini sangat penting.

“Kami berharap pelatihan seperti ini dapat meningkatkan kapasitas diri mereka. Kedepannya dapat menjadi agent of change bagi para srikandi-srikandi lainnya untuk aktif, produktif, serta pandai mengatur rumah tangga,” ujarnya, Sabtu (16/2).

Berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional 2016, jumlah total pekerja dari 17 sektor pekerjaan sebanyak 45,8 juta orang yang terdiri dari 29,3 juta laki-laki dan 16,4 juta perempuan. 64% nya masih didominasi pekerja pria, sehingga mendominasi dalam 14 sektor pekerjaan.  Program-program peningkatan kapasitas diri untuk perempuan seperti ini diharapkan dapat menurunkan gap antara laki-laki dan perempuan dengan adanya stigma kurangnya kompetensi pada perempuan.

Bayu Irawan, Head of Corporate Communication and Financial Inclusion Bank Commonwealth mengungkapkan, kegiatan ini bentuk dukungannya dalam pemberdayaan pengusaha perempuan Indonesia. Para pelapak, khususnya perempuan sangat istimewa, karena dituntut dapat mengelola bisnis mereka. Juga perempuan harus mengatur kebutuhan rumah tangga. Pengelolaan keuangan yang cerdas dan bijak ini tentu akan membuat kehidupan berumah tangga lebih harmonis dan bisnis lebih berkembang lagi,” lanjutnya.

WISE merupakan inisiatif Bank Commonwealth dalam meningkatkan literasi keuangan perempuan Indonesia. Program ini dirancang khusus dan memiliki sasaran terukur, terpadu, dan berkelanjutan yang dipantau secara berkesinambungan.

Hingga saat ini, lebih dari 3.600 wanita Indonesia telah mengikuti kelas WISE secara tatap muka dan lebih dari 4.700 orang telah mengunduh digital platform WISE App yang memiliki informasi-informasi mengenai tips keuangan dan berbisnis untuk mendukung literasi keuangan perempuan Indonesia.

Ditambahkan dr. Indra Yuliati, SpOG(K), menjaga kesehatan adalah hal penting, bahkan harus diperhatikan sedari dini untuk menghindarkan kita dari berbagai jenis gangguan penyakit yang ada. Pemahaman mengenai kanker serviks saat ini masih tergolong rendah, gaya hidup tidak sehat menjadi pemicu nya.

“Kami mendorong agar para perempuan secara rutin melakukan tes Inveksi Visual Asetat (IVA) dan melaksanakan pola hidup yang sehat, baik dan seimbang seperti pola makan, pola istirahat, kebersihan, dan olahraga agar badan selalu tampil  prima,” tegasnya.

Kegiatan ini diharapkan menjadi wadah silaturahmi antar anggota, menambah pengetahuan dan rasa percaya diri. Sehingga pelapak Perempuan tidak hanya cermat dalam mengatur keuangan dan usaha online-nya, namun juga dapat selalu tampil dalam kondisi yang fit dan prima di tengah kesibukan. Hal ini sejalan dengan slogan yang diusung Srikandi Bukalapak, yakni “Keluarga Terurus Saldo Nambah Terus”. (AC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Harian Surabaya @2018, All right reserved