Adira Finance Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Lokal Melalui Festival

HARIAN SURABAYA | SURABAYA – Negeri kita memiliki banyak sekali budaya lokal. Tiap daerah memiliki budaya lokal masing masing. Untuk melestarikan budaya lokal tersebut banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan festival atau karnaval.

Pada tahun ini salah satu perusahaan pembiayaan di Indonesia, menggelar acara Festival Pesona Lokal. Kegiatan CSR yang mengangkat tema “Rasakan Sensasi Pesona Lokal” ini dibuat untuk mengajak masyarakat kota Surabaya dan sekitarnya memeriahkan budaya dan kearifan lokal Jawa Timur.

Direktur Keuangan Adira Finance, I Dewa Made Susila mengatakan, pihaknya senang dapat menggelar acara festival ini jadi yang pertama di kota Surabaya.

“Terima kasih kepada masyarakat Jawa Timur khususnya Surabaya atas sambutan hangat dan partisipasinya, juga dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur sehingga kegiatan ini terselenggara dengan meriah, aman dan tertib,” ujar Made Susila.

Kegiatan ini merupakan program CSR Adira Finance yang bekerja sama dengan kementerian pariwisata (Pesona Indonesia) dan stasiun tv nasional yanh bertujuan memperkenalkan potensi budaya, pariwisata dan kearifan lokal suatu daerah. Tahun sebelumnya acara ini di selenggarakan di kota Malang.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beserta jajarannya juga turut hadir menyapa pengunjung dan masyarakat yang datang. Acara ini dimulai dari pukul 14.00 hingga 21.00 WIB.

Festival dimulai dengan acara paradr karnaval budaya yang diikuti lebih dari 400 peserta yang menampilkan atraksi kekayaan budaya Jawa Timur dan akan mengelilingi Parkir Timur Plaza Surabaya.

Selain parade karnaval budaya, juga diselenggarakan lomba lomba seperti lomba tari lokal kontemporer yang diikuti sekitar 100 peserta. Lomba desain motif khas lokal kontemporer pada media desain tong sampah dengan 30 peserta. Dan lomba kompetisi selebgram lokal yang bisa diikuti seluruh pengunjung.

Festival ini tak hanya menyajikan karnaval budaya dan perlombaan saja, tetapi bagi para pengunjung juga disuguhkan pasar rakyat yang dimeriahkan puluhan UMKM terpilih dengan berbagai produk kuliner dan kerajinan khas Jawa Timur.

I Dewa Made Susila menambahkan dengan diselenggarakannya kegiatan Festival Pesona Lokal Surabaya ini, ia berharap mampu manambah minat wisatawan mancanegara maupun domestik untuk berkunjung ke Surabaya dan melihat kekayaan budaya Jawa Timur.

“Kami berharap acara ini memberikan kesan yang baik bagi pengunjung maupin seluruh peserta sehingga semakin menumbuhkan rasa cinta kepada budaya lokal,” tutupnya. (indra)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =

Harian Surabaya @2018, All right reserved