KPPU Dukung Penurunan Tarif Batas Atas Harga Tiket Pesawat

200 views

SURABAYA – Dalam forum jurnalis di Kanwil IV KPPU (Kamis, 16 Mei 2019) disampaikan bahwa memasuki Triwulan II Tahun 2019 ini, Kantor Perwakilan Daerah (KPD) KPPU Surabaya kini berubah menjadi Kantor Wilayah IV KPPU dimana meliputi wilayah kerja Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Bali, Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan forum jurnalis tersebut dihadiri oleh 6 (enam) Komisioner KPPU RI diantaranya Kurnia Toha, Ukay Karyadi, Chandra Setiawan, Kodrat Wibowo, Afif Hasbullah dan Harry Agustanto serta Sekretaris Jenderal KPPU, Charles Pandji Dewanto.

Komisioner KPPU RI, Kurnia Toha menyampaikan bahwa pertimbangan perubahan Kantor Perwakilan Daerah (KPD) menjadi Kantor Wilayah (Kanwil) dilakukan guna mengantisipasi dinamika usaha yang terus berkembang secara cepat baik di level nasional maupun daerah.

“Persaingan yang sehat akan melahirkan pelaku usaha yang unggul.
Sedangkan positioning KPPU terkait harga tiket pesawat, KPPU mendukung penurunan tarif batas atas yang ditetapkan Menteri Perhubungan. Dengan penurunan harga tiket ini diharapkan dapat memberikan insentif bagi konsumen maupun perekonomian,” katanya.

Sementara itu Kepala Kanwil IV KPPU, Dendy R. Sutrisno mengungkapkan Kanwil IV KPPU telah menerima 6 (enam) laporan dengan 3 (tiga) laporan baru, 1 (satu) laporan naik ke tahap penyelidikan dan 2 (dua) laporan dihentikan karena tidak lengkap. Kemudian terdapat 5 (lima) perkara yang sedang berjalan di Kanwil IV KPPU.

Kelima perkara tersebut yaitu, adanya dugaan Kartel Harga Freight Container (Uang Tambang) Oleh Perusahaan Pelayaran Pada Rute Surabaya-Ambon. Dugaan Kartel Garam Industri Aneka Pangan. Dugaan Praktek Monopoli Pelayanan Jasa Bongkar Muat Peti Kemas Pada Terminal Serbaguna/ Konvensional/ Umum (Multipurpose) Pelabuhan L. Say, Maumere-NTT.

Selanjutnya dicurigai adanya dugaan Persekongkolan Tender Pekerjaan Pembangunan Jalan dan Peningkatan Jalan Oleh Dinas PU dan Penataan Ruang Tahun 2017 di Kabupaten Kediri- Jawa Timur. Dan yang kelima, dugaan Persekongkolan Tender Pekerjaan Pemeliharaan Berkala Jalan Oleh Dinas PU dan Penataan Ruang Tahun 2017 di Kabupaten Kediri- Jawa Timur.

Kaitannya memasuki bulan suci Ramadhan, Kanwil IV KPPU berperan aktif membantu Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam mengendalikan harga bahan pangan melalui bergabungnya Kanwil IV dengan Satgas Pangan bersama POLDA Jawa Timur/Disperindag Jawa Timur serta menjadi anggota Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jawa Timur.

Salah satu konsep yang ditawarkan adalah mendorong pasar tradisional menjadi garda depan dalam upaya tak terpisahkan menjaga stabilisasi harga bahan pangan yaitu dengan menghadirkan adanya jaminan pasokan di pasar tradisional melalui direct linkage dengan on farm atau sumber-sumber produksi bahan pangan sebagaimana yang dilakukan pada retail modern. (idr)