Investasi Sosial dan Lingkungan di East Java Investival 2019 #BijakBerplastik

211 views
berita surabaya terbaru tentang #BijakBerplastik, Investasi Sosial dan Lingkungan di East Java Investival 2019

HARIAN SURABAYA | SURABAYA – Danona-AQUA selalu melakukan inovasi dengan cara mempromosikan hidrasi sehat sembari melestarikan alam. Hal tersebut yang disampaikan dalam kampanye #BijakBerplastik di ajang East Java Investival 2019 (EJI 2019) Bersama Dinas Penanaman Modal – Pelayanan Satu Pintu Terpadu (DPM- PSPT) Propinsi Jawa Timur. Acara yang dibuka tanggal 12 September 2019 oleh Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak ini menyambut investor untuk berlomba membangun Jawa Timur. Selama 4 hari Acara pengunjung bisa belajar bagaimana #BijakBerplastik bisa menjadi wujud investasi sosial dan lingkungan untuk Indonesia yang lebih baik.

Sustainable Development Director Danone Indonesia, Karyanto Wibowo mengatakan bahwa pada awal 2018 Danone AQUA telah berkomitmen untuk bisa berkontribusi dalam upaya Pemerintah untuk mengurangi sampah plastik di lautan sampai 70% pada 2025. Komitmen ini fokus pada tiga pilar untuk menjawab tantangan sampah plastik di Indonesia, yaitu (1) Pengembangan Infrastruktur Pengumpulan Sampah, (2) Edukasi Konsumen, dan (3) Inovasi Produk. “Kami telah memulai inisiatif ini sejak tahun 2010 dengan mendorong pengumpulan plastik secara inklusif, dan kini telah mampu mengumpulkan 12.000 ton botol per tahun untuk didaur ulang menjadi Recycled  polyethylene terephtalate (R-PET) yang kembali menjadi bahan kemasan botol sesuai dengan food grade dan SNI”, kata Karyanto.

Danone-AQUA telah menggunakan R-PET sebagai bahan campuran botol sebanyak 20%. Pertengahan tahun lalu di Bali telah diluncurkan AQUA Life 1,1 liter sebagai bentuk kemasan produk yang terbuat dari 100% R-PET dan 100% bisa didaur ulang kembali menjadi botol kemasan air minum. Saat ini produk AQUA Life bisa dibeli di Bali dan di Jakarta yang di luncurkan bulan lalu. Di gelaran EIJ 2019, selama 4 hari, pengunjung yang belajar #BijakBerplastik di booth AQUA akan mendapatkan produk ini sebagai souvenir. Pengunjung bisa belajar bagaimana botol kemasan di cacah, diolah menjadi R-PET juga produk lain. Danone-AQUA telah menggandeng H&M, brand fashion internasional yang merubah botol kemasan menjadi produk seperti sarung tangan, kaus kaki, T-shirt dan produk fashion lain.

Wakil Gubernur Propinsi Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak yang berkunjung ke Truk #BijakBerplastik mengapresiasi upaya yang dilakukan Danone-AQUA. Perlu inovasi dan kolaborasi lintas sektoral untuk menemukan solusi bersama mengatasi permasalahan sampah.

Danone-AQUA mendukung peralihan dari sebuah model linier ke model melingkar, dimana botol yang dibuang menjadi sumber daya berharga untuk digunakan kembali. Dalam siklus tersebut akan menyentuh lebih banyak masyarakat dan memberikan manfaat ekonomi, dan dari sisi lingkungan juga akan lebih optimal penggunaan plastik. “Keduanya akan menjadi investasi sosial sekaligus investasi lingkungan”, tutup Karyanto. (ist)