Forum Beda Tapi Mesra Merayakan Hari Ulang Tahun yang Ke 5

23 views
Forum Beda Tapi Mesra
Forum Beda Tapi Mesra Merayakan Hari Ulang Tahun yang Ke 5 (foto : sun)

hariansurabaya.com | Forum Beda Tapi Mesra Merayakan Hari Ulang Tahun yang Ke 5

Surabaya – Forum Beda Tapi Mesra adalah wadah komunikasi bagi insan lintas agama untuk saling belajar mengenal, mengerti, memahami dan menghargai serta menghormati perbedaan yang ada sebagai suatu realita hidup di Indonesia yang sangat beragam sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Syuhada Endrayono, SH selaku Ketua Umum FBM mengatakan bahwa tahun ini adalah ulang tahun yang ke 5 Forum Beda Tapi Mesra yang mengambil tema Memperkokoh Keharmonisan Antar Anak Bangsa. Alasan dipilihnya tema ini karena adanya keprihatinan melihat kondisi bangsa Indonesia saat ini yang sedang mengalami degradasi nilai dalam menghargai perbedaan sehingga menimbulkan berbagai bentrokan berlatarbelakang agama maupun etnis di beberapa daerah di Indonesia.

Adapun kegiatan pada HUT FBM kemarin di isi dengan doa bersama untuk Bangsa dan para Tokoh FBM yg telah berpulang yaitu antara lain KH Ahmad Suyanto, KH Chaiji AS, Budi Santoso dan Romo Js Bingky Irawan. Selain itu ada juga beberapa sambutan yang disampaikan oleh Mama Hana Amalia Vandayani dan Prof.DR. Ali Maschan Moesa, serta pemotongan tumpeng sebagai simbol hari kelahiran yang dilakukan oleh Ketua umum FBM.

Rangkaian acara ulang tahun Forum Beda Mesra ke 5 ini di akhiri dengan sesi foto bersama semua pengurus yang hadir. Acara tersebut dihadiri oleh para tokoh lintas agama yang tergabung dalam FBM yaitu KH Abdul Mutholib, Bhante Jayamedho thera, Romo Irenaios, Liem Tiong Yang, Gatot santoso, Tirto Santoso, Lie Hok An dan masih banyak lagi lainnya.

Forum Beda Tapi Mesra didirikan 3/9 di kebun kopi trawas oleh beberapa tokoh lintas agama yang menginginkan perdamaian dalam kehidupan yang menganut Bhineka Tunggal Ika.

Dalam sambutannya, bu hana mengharapkan forum beda tapi mesra terbentuk di kota seluruh daerah se indonesia dalam 5 tahun mendatang,

“Kami berusaha membina kerukunan antar umat beragama dengan memuja dan mempersatukan bangsa indonesia dengan filosofi pancasila yaitu Bhineka Tunggal Ika” jelas Hana.

Sedang KH Ali Maschan Moesa mengharapkan, dengan berdirinya Forum Beda Tapi Mesra ini dapat menjadi virus yang mempererat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Pandita Sudhidharma sebagai Ketua Pembina Forum Beda Tapi Mesra merindukan kehidupan yang rukun, damai dan harmonis di kota tempat tinggal kita masing-masing demi terciptanya kerukunan serta keharmonisan antar umat beragama di indonesia sehingga pembangunan bangsa tercapai.

Sedangkan Bhikhu Jayamedo selaku Penasehat Forum Beda Tapi Mesra mengharapkan akan terjalin hubungan baik antar sesama manusia dan semoga semua diberkahi tuhan atasĀ  kesehatan serta kekuatan menghadapi pandemi ini.

Terakhir, Willy Purwosuwito, MTh selaku pengawas Forum Beda Tapi Mesra menjelaskan kalau Forum Beda Tapi Mesra ini merupakan pengejawantahan dari ke-Bhinekaan-Tunggal Ika atau miniatur kerukunan antar suku dan agama di Indonesia. (sun)