Selama Libur Lebaran, Objek Wisata di Surabaya Dibuka untuk Umum

6 views
Objek Wisata di Surabaya dibuka selama libur Lebaran

Surabaya, HarianSurabaya.com–Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro mengatakan, sebanyak 39 taman aktif di Kota Surabaya tetap dibuka selama libur lebaran.

Selain 39 taman aktif, sejumlah objek destinasi wisata di Surabaya juga dibuka selama libur Lebaran, dari mulai tanggal 2 Mei hingga 8 Mei 2022.

“Untuk taman semuanya kita buka, tapi dengan prokes. Kita punya 39 taman aktif semuanya sudah buka, termasuk Taman Bungkul itu 24 jam,” kata Hebi, Minggu (1/5/2022).

Selain Taman Bungkul, kata Hebi, untuk taman aktif yang lain dibuka mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Setiap pengunjung yang masuk ke area taman juga diwajibkan menggunakan aplikasi Pedulilindungi.

Selain itu, Hebi menyatakan, selama libur lebaran, pihaknya juga tetap melakukan penjagaan, termasuk dengan perawatan taman. Tak terkecuali pemantauan juga dilakukan oleh Satgas Covid-19 selama libur lebaran.

“Untuk penjagaan prokes atau pemantauan tetap dilakukan, kita tidak libur. Kalau malam taman ditutup, tapi untuk Taman Bungkul 24 jam itu kita buka dengan tetap ada penjagaan,” jelas dia.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Dispudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati menyampaikan bahwa sejumlah objek destinasi wisata tetap dibuka selama libur lebaran.

Seperti Kebun Binatang Surabaya (KBS), Tugu Pahlawan, Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, Alun-alun, dan Jembatan Suroboyo.

“Jadi, selama libur lebaran aktivitas destinasi wisata tetap kita buka. Misalnya di THP Kenjeran, Alun-alun Surabaya, Tugu Pahlawan dan KBS itu kita buka. Jadi biar konsentrasinya tidak hanya di THP Kenjeran,” kata Wiwiek.

Menurut dia, saat libur lebaran pada 2019 lalu atau sebelum pandemi, kunjungan wisatawan lebih banyak mendominasi di THP Kenjeran Surabaya. Bahkan saat itu, kunjungan wisatawan di THP Kenjeran mencapai 21.000 orang.

“Dan itu dua tahun off karena pandemi, kemudian dibuka kembali saat tahun baru 2021 itu posisinya 5.069 pengunjung. Jadi antisipasi kita seperti itu,” jelas dia.

Selain THP Kenjeran, Wiwiek menyebut, rencananya Jembatan Suroboyo juga bakal dibuka saat libur lebaran. Selain sebagai objek destinasi wisata, pembukaan Jembatan Suroboyo dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan di kawasan tersebut.

“Untuk musem itu tanggal 2 dan 3 Mei kita tutup, tapi selebihnya kita buka. Sedangkan alun-alun Surabaya, tetap kita buka selama libur lebaran mulai pukul 09.00-17.00 WIB,” tandasnya. (hsa)