Juni Nanti, Piala Wali Kota Surabaya Siap Digelar di GBT dengan Penonton

42 views
Wali Kota Eri Cahyadi bersama Wakil Ketua Asprov PSSI Jatim, Amir Burhanudin

Surabaya, HarianSurabaya.com–Bulan Juni nanti, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur bakal menggelar turnamen sepak bola Piala Wali Kota Surabaya. Event ini merupakan ‘pemanasan’ kesiapan Surabaya Piala Dunia U-20 2023.

Wali Kota Eri Cahyadi menyambut antusias rencana gelaran Piala Wali Kota Surabaya itu. Sebab, menjelang tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, masyarakat Surabaya harus dipanasi dengan event-event sepakbola yang berkualitas.

“Jadi, pada prinsipnya, ini langkah kami menuju Piala Dunia 2023, sekaligus uji coba atau ngetes ketika ada penontonnya, sehingga nanti diharapkan semakin siap menghadapi Piala Dunia,” tegas Wali Kota Eri seusai bertemu dengan rombongan dari PSSI Jatim di Balai Kota Surabaya, beberapa waktu lalu.

Seusai rencana, event ini akan memperbolehkan penonton hadir di stadion, sehingga para penggemar sepak bola Indonesia, khusus Surabaya bisa kembali lagi ke tribun.

Namun begitu, ia menyebut kuotanya masih menunggu asesmen dan ketentuan dari pemerintah pusat.

“Kami sih inginnya 75 persen penontonnya, tapi kalau diminta 25-50 persen ya kami siap lakukan,” sambung wali kota.

Turnamen yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo ini direncanakan diikuti oleh empat tim yang musim depan berlaga di kompetisi Liga 1. Empat tim ini sudah diajak komunikasi oleh PSSI Jatim.

“Ada Persija, PSIS Semarang, dan Persis Solo kami jajaki ikut. Secara lisan sudah menyatakan kesiapannya, tentu saja Persebaya sebagai klub kebanggaan masyarakat Surabaya tentu harus tampil di kandangnya yang megah,” kata Wakil Ketua Asprov PSSI Jatim, Amir Burhanuddin usai bertemu wali kota.

Sebenarnya, rencana untuk menggelar event ini sudah lama dibicarakan tetapi baru bisa dihelat pada 1-11 Juni 2022. Ia juga memastikan seluruh pertandingan akan disiarkan secara live di salah satu televisi nasional.

“Pak Wali menyambut baik turnamen Piala Wali Kota ini sebagai rangkaian Road to World Cup 2023 nanti yang akan digelar di Gelora Bung Tomo. Insyallah kami sudah siap menyambut even Piala Wali Kota Surabaya ini,” pungkasnya. (hsa)