Grup GoTo Menyatukan Ekosistem dalam Komitmen Keberlanjutan ‘Tiga Nol’

27 views
Grup GoTo Menyatukan Ekosistem dalam Komitmen Keberlanjutan ‘Tiga Nol’

Jakarta, HarianSurabaya.com–PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (“Grup GoTo” atau “Perusahaan,”), ekosistem digital terbesar di Indonesia, hari ini mengumumkan telah memperluas komitmen ‘Tiga Nol’ (Nol Emisi, Nol Sampah, Nol Hambatan) di seluruh ekosistemnya, membentuk pendekatan dan strategi yang terkonsolidasi bagi Perusahaan guna mencapai tujuan keberlanjutannya secara bersama-sama.

Berdasarkan penilaian materialitas yang dilakukan untuk Gojek pada tahun 2021, Perusahaan telah memperluas cakupannya kepada Tokopedia dan GoTo Financial, menciptakan tolok ukur dan serangkaian prioritas yang jelas untuk seluruh ekosistem GoTo.

Pengumuman ini dilakukan seiring dengan terbitnya Laporan Keberlanjutan pertama Grup GoTo sejak persatuan Gojek dan Tokopedia pada tahun 2021 dan pencatatan bersejarah Perusahaan di Papan Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) pada April 2022.

Laporan yang berjudul “Mendorong Kemajuan” mencakup data dari Januari-Desember 2021 dan mengidentifikasi masalah paling material bagi Perusahaan seperti aksi iklim, keberagaman, kesetaraan, dan inklusi (DEI), penggunaan dan pembuangan kemasan, struktur tata kelola dan etika bisnis, serta target lainnya; dengan demikian memperkuat kedudukan GoTo sebagai yang terdepan dalam pelaporan keberlanjutan di kawasan Asia Tenggara.

Andre Soelistyo, CEO Grup GoTo mengatakan, sustainability selalu menjadi hal utama dari model bisnis kami, dengan mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) dalam cara kami beroperasi dan bertumbuh sebagai perusahaan.

“Sejak membentuk Grup GoTo, skala dan tanggung jawab kami telah berkembang secara signifikan, dan kami yakin kami berada pada posisi yang unik untuk membuat dampak positif yang lebih besar bersama-sama,” tegasnya.

Menurut Andre, target Tiga Nol tersebar di keseluruhan organisasi dan mendorong semua pihak di GoTo untuk melakukan dekarbonisasi terhadap kegiatan operasional dan ekosistem yang lebih luas, membangun platform yang sepenuhnya sirkular, dan berinvestasi dalam pertumbuhan karyawan dan mitra kami untuk menjadi perusahaan yang inklusif.

“Kami ingin menetapkan standar dalam mendorong kemajuan untuk Indonesia serta Asia Tenggara, dan bertanggungjawab kepada seluruh pemangku kepentingan kami, termasuk investor, mitra, karyawan dan regulator,” imbuhnya.

Sementara Patrick Cao, Presiden GoTo, menjelaskan struktur dan akuntabilitas tata kelola keberlanjutan GoTo, berkomitmen untuk menciptakan nilai jangka panjang bagi ekosistemnya. Maka sangat penting untuk memasukkan praktik ESG terbaik ke dalam struktur tata kelola dan proses perusahaan.

“Untuk melakukan ini, kami memastikan manajemen senior GoTo bertanggung jawab atas kinerja ESG kami, memastikan pengawasan dari Dewan kami, dan menetapkan target keberlanjutan di seluruh perusahaan operasional kami yang selaras dengan standar global dalam pengungkapan dan pelaporan ESG. Upaya kami mencakup perluasan Dewan Penasihat eksternal kami, untuk memantau upaya kami dan memberi kami saran dan umpan balik secara rutin. Pada akhirnya, ini memastikan kita semua bergerak ke arah yang sama, dan mendefinisikan serta mengukur kemajuan secara konsisten,” jelasnya.

Laporan Keberlanjutan ‘Mendorong Kemajuan’ GoTo diterbitkan bersamaan dengan penerbitan Laporan Tahunan 2021, pengumuman kinerja untuk tahun 2021, dan kuartal pertama tahun 2022, saat Perusahaan memulai proses penyelarasan pengungkapan keuangan dan non-keuangan dalam pelaporannya. (avc)