Aplikasi OCTOPUS Resmi Hadir di Jakarta, Solusi Daur Ulang Sampah Praktis dan Menguntungkan

47 views
Peresmian OCTOPOINT sebagai bagian dari ekosistem OCTOPUS di M Bloc Space di kawasan Jakarta Selatan

Jakarta, HarianSurabaya.com–OCTOPUS, sebuah aplikasi layanan daur ulang sampah karya anak bangsa, kini hadir untuk warga Jakarta. Melalui peresmian OCTOPOINT sebagai bagian dari ekosistem OCTOPUS di M Bloc Space di kawasan Jakarta Selatan yang dilaksanakan pada hari ini, warga Jakarta kini dapat mengakses layanan tanpa biaya ini untuk memilah, mengumpulkan, dan mengelola sampah rumah tangga mereka.

Sejak didirikan pada 2019, OCTOPUS menerapkan ekosistem ekonomi sirkular berbasis teknologi. Misi OCTOPUS adalah membantu para produsen melacak, memilah dan mengumpulkan produk pasca-konsumen.

Sejalan dengan slogan ‘Solusi Daur Ulangmu’, aplikasi OCTOPUS memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mengelola sampah, sehingga menjadi salah satu solusi untuk mendorong masyarakat membuang sampah atau barang bekas pakai dengan tepat.

OCTOPUS memastikan kualitas sampah yang diterima terjaga dengan baik agar dapat dan mudah untuk di daur ulang. Para pengguna aplikasi OCTOPUS tidak hanya ikut berkontribusi dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, tetapi pengguna juga bisa mendapatkan keuntungan dari setiap sampah yang dikumpulkan.

Keuntungan yang didapat berbentuk poin dari berbagai mitra OCTOPUS dan dapat ditukarkan dengan berbagai keuntungan dan manfaat untuk kebutuhan sehari-hari.

Moehammad Ichsan, Co-Founder dan CEO OCTOPUS mengaku sangat senang dan bangga OCTOPUS turut berkontribusi dan bertanggung jawab dalam mengatasi permasalahan sampah di Jakarta. Dirinya menegaskan sangat terbuka bagi pihak yang ingin terlibat dan ikut merasakan manfaat dari nilai-nilai OCTOPUS; di antaranya adalah konsumen, pelestaridan para pengepul sampah.

“Melalui program ini, OCTOPUS berharap dapat terus berkembang ke berbagai wilayah, sehingga ekosistem daur ulang semakin berkembang di Indonesia. Kami juga berharap hal ini dapat mendorong masyarakat Jakarta untuk terus memberikan langkah nyata dalam menyelamatkan lingkungan dengan mudah dan tanpa biaya melalui aplikasi OCTOPUS.” ujar Moehammad Ichsan.

Acara peluncuran OCTOPUS Jakarta diresmikan oleh Drs. Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia, melalui tanda tangan MoU antara OCTOPUS dengan Kementerian Koperasi dan UKM yang bertujuan untuk mengakselerasi usaha mikro berbasis persampahan yang selama ini disebut sebagai bank sampah.

“Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah bekerjasama secara strategis dengan OCTOPUS sebagai bentuk usaha bersama untuk mentransformasi bank sampah menjadi badan usaha mikro berbasis koperasi, melalui program Lembaga Pengelola Dana Bergulir atau LPDB. Kami berharap kolaborasi ini bisa mengakselerasi tujuan bersama yang dapat meningkatkan taraf hidup para pengelola sampah, mewujudkan berkembangnya ekosistem dengan memanfaatkanpotensi yang ada. Sehingga, produktivitas dan kapasitas para pengelola sampah meningkat melalui manfaat yang diberikan,” ujar Teten Masduki.

“Kami yakin dengan adanya kerja sama dengan OCTOPUS, tujuan Kementerian Koperasi dan UKM dengan program LPDB ini dapat mempercepat program yang memberikan dampak positif secara sosial, ekonomi dan lingkungan.” sambung Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia. (avc)