Perluas Edukasi Keuangan, FinanSiap Rangkul Mahasiswa Surabaya

32 views
Perluas Edukasi Keuangan, FinanSiap Rangkul Mahasiswa Surabaya

 

Surabaya, HarianSurabaya.com–Konsisten edukasi masyarakat untuk kelola uang dengan bijak, GoPay, layanan dompet elektronik dan pengaturan keuangan dari GoTo Financial, kali ini memperluas cakupan program FinanSiap sampai dengan kalangan mahasiswa.

Berkolaborasi dengan Bisnis Goes To Kampus, FinanSiap menghadirkan sesi literasi keuangan untuk mahasiswa di sejumlah kampus, agar lebih bijak dalam mengatur keuangan. Dimulai dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, FinanSiap mengangkat pentingnya membedakan kebutuhan dan keinginan dalam pengelolaan keuangan dengan baik.

Hadir konsisten sejak 2021, FinanSiap merupakan wadah edukasi keuangan yang GoTo Financial rancang secara holistik agar masyarakat dapat mengelola keuangan dengan lebih bijak dan matang. Kali ini menggandeng Mimien Susanto, CI, RFA, perencana keuangan terkemuka di Jawa Timur, FinanSiap mengajak ratusan mahasiswa ITS untuk paham akan pentingnya pengelolaan keuangan yang baik sejak usia muda.

Brand Marketing Lead GoPay Faiz Fashridjal menjelaskan, saat ini Generasi Z semakin dipermudah untuk bertransaksi digital melalui smartphone, kapanpun dan di manapun. Sebagai e-wallet no. 1 pilihan Gen-Z[Populix, Consumer Preference Towards Banking and E-Wallet Apps (2022)], GoPay dengan fitur yang lengkap dapat digunakan untuk menunjang pengaturan keuangan dan mendukung mahasiswa dalam mencapai tujuan finansial mereka.

“FinanSiap merupakan salah satu program unggulan GoPay yang dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam memahami pentingnya pengelolaan keuangan yang baik. Harapannya, FinanSiap dapat mendorong mahasiswa ITS memperoleh pengetahuan dasar mengenai cara, manfaat, dan manajemen risiko pada instrumen keuangan,” ujarnya.

Perencana keuangan Mimien Susanto, CI, RFA, menjelaskan pentingnya membedakan keinginan dan kebutuhan agar mahasiswa memiliki prioritas dan kontrol yang baik atas pengelolaan keuangan.

“Yang namanya keinginan, tentu tidak ada habisnya. Sering kali banyak anak muda terjebak dalam masalah finansial bukan karena kekurangan uang, tetapi gagap dalam memilah antara kebutuhan dan keinginan. Tapi dengan memiliki prioritas yang jelas, mahasiswa dapat merencanakan keuangannya dengan lebih baik, bahkan dapat terampil menggunakan produk jasa keuangan lainnya. Diharapkan, hal ini bisa mendorong kemandirian keuangan lebih cepat diraih dari usia mudam,” jelasnya.

GoPay dapat digunakan masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan mulai dari berbelanja, membayar tagihan, hingga investasi dan berdonasi. Setiap transaksi GoPay dapat dipantau dengan fitur transaction history, dan mahasiswa dapat melihat rekap pengeluaran setiap akhir bulan dengan GoPay Diary. Selain itu, kerjasama GoPay dan Bank Jago memungkinkan mahasiswa untuk membuka rekening bank Jago langsung dari aplikasi Gojek dan mengatur keuangan dengan memanfaatkan berbagai fitur, salah satunya dengan fitur Kantong.

Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) dari Otoritas Jasa Keuangan pada 2019, indeks inklusi keuangan di Indonesia telah mencapai 76,19%, namun indeks literasi keuangan berada di 38,03%. Indeks literasi keuangan yang lebih rendah ini menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat belum memahami sepenuhnya atas produk keuangan yang digunakannya. Sebagai agen perubahan, mahasiswa diharapkan dapat membantu meningkatkan inklusi sekaligus literasi keuangan melalui perencanaan keuangan yang baik sejak muda.

Dalam sesi edukasi tersebut, FinanSiap mengangkat pentingnya perencanaan keuangan sebagai bagian dari rencana hidup. “Anak muda Indonesia memiliki banyak tantangan dalam perekonomian di masa depan, salah satunya adalah dalam memiliki investasi jangka panjang seperti properti atau tabungan akibat pengeluaran bulanan yang cukup tinggi. Di sisi lain, mahasiswa yang kebanyakan Gen Z saat ini, sering mengeluhkan rumitnya mengelola keuangan. Seringnya melihat gaya hidup mewah yang disebarluaskan melalui media sosial kerap menjadi acuan kebahagian dan kesuksesan seseorang. Membedakan antara kebutuhan dan keinginan adalah hal pertama yang dapat dilakukan dengan mudah untuk mencapai kemerdekaan finansial.“ tutup Mimien.

Untuk tips pengaturan keuangan dari FinanSiap lebih lanjut dapat dilihat dari www.gopay.co.id/finansiap. (avc)