Cleo Festival Kuliner merangkul Semua Segmen untuk lebih mengenal dekat Kuliner Nusantara

29 views
Cleo Festival Kuliner
Cleo Festival Kuliner merangkul Semua Segmen untuk lebih mengenal dekat Kuliner Nusantara (foto dokumen hsc)

Surabaya, hariansurabaya.com – PT Sariguna Primatirta Tbk selama 2 hari menggelar Cleo Festival Kuliner pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 1-2 Oktober 2022. Selain menjadi bagian dalam pengembangan kuliner Indonesia, kegiatan ini juga sebagai inisiatif untuk mengembangkan tingkat perekonomian para pelaku bisnis kuliner dan juga UMKM.

Berlokasi di Parkir Timur Plaza Surabaya, Cleo Festival Kuliner hadir dengan mengusung tema utama “Murni Rasa Nusantara”, yang menyediakan beragam kuliner khas Nusantara Indonesia. Acara ini menjadi kesempatan bagi para pengunjung untuk berpengalaman layaknya berwisata kuliner keliling Indonesia selama 2 hari. Setidaknya ada lebih dari ratusan menu makanan daerah yang tersedia. Mulai dari makanan asli Surabaya, Madura, Semarang, Yogyakarta, Solo dan berbagai daerah lainnya di Indonesia.

Tapi yang jelas, di Cleo Festival Kuliner ini ada berbagai macam aktifitas lomba dan kompetisi menarik yang melibatkan seluruh segmen. Mulai dari anak-anak, remaja sampai orang tua. Jadi kalau datang ke acara Cleo Festival Kuliner bersama keluarga, semua anggota keluarga bisa mengikuti semua kompetisi. Karena konsep Cleo Festival Kuliner adalah merangkul semua segmen. Tidak hanya menyajikan berbagai macam kuliner nusantara, tapi lomba dan kompetisi yang seru.

“Semua jenis kuliner disajikan oleh ratusan tenant terpilih dari pengusaha kuliner dan UMKM Jawa Timur. Jadi seperti Pesta Rakyat. Lengkap dan semua makan khas nusantara ada disini. Yang paling penting, minuman wajib adalah Cleo. Tapi disamping itu juga banyak aktifitas seru. Seperti kemarin di hari pertama ada Game Competition. Hari ini Cleo Fun Walk. Sore nanti lomba mewarnai. Dan malamnya ada Band Competition.” jelas Melisa Patricia selaku Wakil Direktur Utama PT Sariguna Prima Tirta Tbk kepada awak media dalam acara prescon Minggu pagi (02/10).

Dijelaskan juga oleh Toto Sucartono selaku Direktur Penjualan dan Distribusi Cleo PT Sariguna Prima Tirta Tbk, bahwa acara ini sebagai tahap awal diselenggarkan di Jawa Timur. Tapi ada planning nantinya diadakan di kota besar di tiap propinsi. Rencana selain pameran, dalam waktu dekat ini akan ada semacam edukasi seperti seminar. Akan ditawarkan pada peserta yang kali ini ikut di Cleo Festival Kuliner. Tapi tidak menutup kemungkinan juga terbuka untuk peserta dari luar.

“Dalam seminar tersebut, kita akan memberi edukasi bagaimana bisnis kuliner diangkat lagi karena pada waktu pandemi kuliner adalah salah satu bisnis yang paling terkena imbasnya. Seperti bagaimana cara membranding, membangun sebuah usaha bisnis, merncang sebuah bisnis kuliner menjadi bisnis yang menjanjikan. Karena kelemahan pengusaha kuliner lokal adalah belum mempunyai teknik marketing yang sesuai.” terang Toto.

Sedangkan menurut Eko Susilo selaku Direktur Operasional PT Sariguna Primatirta Tbk bahwa rencana akhir bulan Oktober ini mengadakan acara “Cleo Smart Run” yang akan diselenggarakan di Malang. Juga pada bulan Oktober ini akan berkolaborasi dalam bidang sepatu digital. Dia juga menunjukkan kalau kaos yang mereka kenakan adalah buatan dari daur ulang botol bekas plastik.

“Selain fokus di kuliner, kita sadar kita harus menjalani hidup sehat. Untuk event Cleo Smart Run merangkul komunitas lari, yang sudah diadakan sejak tahun 2016 berupa event tahunan. Sempat vakum 2 tahun karena pandemi, sekarang sudah banyak yang tanya. Jadi kita juga ada komunitas lari, komunitas pengusaha dan komunitas coffe shop. Pertama kita angkat dulu kuliner untuk membantu mendorong perekonomian karena 2 tahun pandemi ini UMKM terpengaruh sampai 82.9 %.” lanjut Melisa.

Selesai event ini, diharapkan kepercayaan para pelaku usaha semakin tinggi terhadap Cleo. Karena produk mereka disupport dan dipromosikan.(ac)

Keterangan foto (ki-ka) :

Toto Sucartono selaku Direktur Penjualan dan Distribusi Cleo PT Sariguna Prima Tirta Tbk, Melisa Patricia selaku Wakil Direktur Utama PT Sariguna Prima Tirta Tbk,  Eko Susilo selaku Direktur Operasional PT Sariguna Primatirta Tbk