Bakesbangpol bersama JPM Surabaya Gelar Lomba Wawasan Kebangsaan Bagi Pelajar SMP Sederajat

3 views
Surabaya Raya
Bakesbangpol bersama JPM Surabaya Gelar Lomba Wawasan Kebangsaan Bagi Pelajar SMP Sederajat (foto : ist)

SURABAYA, hariansurabaya.com | Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) bersama Jejaring Panca Mandala (JPM) Kota Surabaya menggelar lomba wawasan kebangsaan antar pelajar SMP sederajat. Kegiatan tersebut dalam rangka menyambut Hari Pahlawan Tahun 2022, sekaligus bertujuan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme kebangsaan.

Kepala Bakesbangpol Kota Surabaya, Maria Theresia Ekawati Rahayu mengatakan, lomba kebangsaan antar pelajar SMP di Kota Pahlawan tersebut, dilaksanakan bersama dengan Jejaring Panca Mandala Surabaya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat ideologi nasionalisme di kalangan pelajar. Sekaligus pula untuk menggugah nilai-nilai kepahlawan,” kata Yayuk di Kantor Bakesbangpol Surabaya, Rabu (9/11/2022).

Ia mengemukakan, bahwa lomba wawasan kebangsaan antar pelajar SMP sederajat merupakan tahun pertama yang diadakan Bakesbangpol bersama JPM Surabaya. Jika sebelumnya, lomba dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya. “Jadi lomba kebangsaan ini memang yang pertama kami laksanakan bersama Jejaring Panca Mandala Surabaya,” terang dia.

Melalui lomba kebangsaan ini, pihaknya berharap dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme kepada para pelajar sejak di bangku sekolah. Sebab menurutnya, era serba modern dan digital ini dampaknya sangat berpengaruh terhadap anak-anak.

“Karena itu melalui lomba wawasan kebangsaan, para pelajar diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta NKRI dimulai dari lingkungan sekolah. Harapannya juga dapat memunculkan rasa persatuan dan kesatuan antar pelajar sekolah,” harapnya.

Informasi pendaftaran terkait lomba wawasan kebangsaan akan disampaikan Dinas Pendidikan (Dispendik) melalui surat edaran yang ditujukan kepada SMP se Surabaya. Juga, melalui akun instagram resmi @bakesbangpol_surabaya.

Sementara itu, Ketua Jejaring Panca Mandala (JPM) Kota Surabaya, Harmanto menjelaskan, lomba wawasan kebangsaan terbuka bagi seluruh pelajar SMP Negeri dan Swasta se Surabaya. Setiap sekolah diperbolehkan mengikuti maksimal dua peserta untuk masing-masing kategori lomba. “Jadi ada tiga jenis kategori karya yang dilombakan dalam wawasan kebangsaan ini,” kata Harmanto.

Ia menjelaskan ketiga kategori lomba wawasan kebangsaan tersebut. Pertama adalah, kriteria lomba video film pendek (Dokumenter) dengan tema pahlawanku teladanku. Kemudian, Essay (bentuk tulisan) dengan tema mengobarkan jiwa nasionalisme generasi milenial. Sedangkan yang ketiga adalah story telling (bentuk cerita live) dengan tema cinta tanah air.

“Pada setiap kategori lomba ini para peserta akan memperebutkan masing-masing juara 1, 2 dan 3,” kata Harmanto.

Ia juga menyebutkan, bahwa pendaftaran lomba wawasan kebangsaan dibuka mulai tanggal 10-14 November 2022. Selanjutnya pada tanggal 11-20 November 2022, masing-masing peserta mengunggah hasil karya mereka. Sementara proses penjurian dilaksanakan pada tanggal 22-25 November 2022. “Kemudian, keluar hasil pemenang pada tanggal 26 November 2022. Dan untuk pengumuman pemenang, akan disampaikan pada tanggal 28 November 2022,” pungkasnya.(ac)