Sekdaprov Jatim Adhy Karyono : Forkompanda Jatim Jadi Bentuk Komitmen Pemprov Jatim Dalam Peningkatan Kapasitas dan Profesionalisme

3 views
Sekdaprov Jatim
Sekdaprov Jatim Adhy Karyono : Forkompanda Jatim Jadi Bentuk Komitmen Pemprov Jatim Dalam Peningkatan Kapasitas dan Profesionalisme (foto : ist)

SURABAYA, hariansurabaya.com | Sekretaris Daerah (Sekda) Prov Jawa Timur membuka kegiatan Forum Komunikasi Pendayagunaan Aparatur Negara Daerah (Forkompanda) Provinsi Jawa Timur 2022, yang diselenggarakan di Hotel Bumi Surabaya, Kamis (24/11).

Forkompanda ini mengambil tema “Dengan Strategi IkI (Inisiatif, Kolaboratif, Inovasi) Menuju Inovasi Berkelas Dunia”. Sebanyak 138 peserta yang hadir diantaranya yakni Sekda, Kepala Bagian Organisasi Perangkat Daerah dan perwakilan OPD dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Sekdaprov Adhy mengatakan, Forum ini merupakan salah satu upaya komitmen Pemprov Jatim untuk terus berupaya meningkatkan kapasitas dan profesionalisme sumber daya manusia aparatur yang dimiliki. Utamanya, terharap peran change leader (pemimpin perubahan) menuju birokrasi berkelas dunia.

“Paling penting, bahwa kalau kita lihat forum ini sebetulnya memberikan bagaimana kinerja pemerintah sesuai marwah dan aturan melayani masyarakat. Kemudian kalau kita lihat kinerja birokrasi sangat tergantung dari aparatur negaranya.” ujar Sekda Adhy.

Sekda Adhy juga membahas terkait cakupan penting dalam pelaksanaan, sesuai dengan arahan strategis Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada pembangunan nasional, yaitu Pembangunan Sumber Daya Manusia.

“Kinerja yang diinginkan sebagai aparatur negara adalah tidak melewati batasan. Ada namanya pemimpin perubahan ketika inovasi dan inisiatif kita masih eksis atau telah membuat perubahan.” ujar Sekda Adhy.

Pada kesempatan yang sama, dirinya juga mengingatkan pentingnya Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi). Dimana dijelaskan Sekda Adhy, Forsesdasi merupakan wadah yang dibentuk oleh para Sekretaris Daerah dengan tujuan untuk saling membantu dan berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemerintahan nasional. Baik secara umum maupun penyelenggaraan pemerintahan daerah pada khususnya.

“Untuk mendukung hal tersebut, telah disusun berbagai program kerja Forsesdasi, salah satunya adalah di bidang Sumber Daya Manusia sebagaimana fokus bahasan kita.” ujarnya.

Oleh karena itu, Sekda Adhy mengajak agar para Sekda Kabupaten/Kota yang hadir agar segera membentuk koordinasi terkait pembentukan Komisariat Wilayah Foresdasi di Jawa Timur.

“Perlu saya ingatkan pula, bahwa forum tersebut akan menjadi wadah positif bagi penguatan peran pemerintah daerah yang bersifat netral dan tidak politis.” katanya.

Terakhir, Sekda Adhy berpesan, pada Forkompanda kali ini diharapkan dapat memberikan manfaat, utamanya urusan pemerintahan secara umum. Sehingga, terdapat kesinambungan kebijakan antara Pemerintah Pusat dan Daerah.

“Yang pada akhirnya kebijakan-kebijakan ini dapat berjalan secara sinergis, harmonis, dan kita bersama-sama dapat mewujudkan pelayanan publik yang prima dan CETTAR, menuju Optimis Jawa Timur Bangkit, sesuai tema Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur yang baru saja kita peringati pada tanggal 12 Oktober 2022.” kata Adhy.

“Kalau komunikasi baik, maka persoalan di kab/kota juga akan melakukan hal yang sama.” tambahnya.(ac)