Dari Pemuda Untuk Pemuda, Mahasiswi FIKOM UC Gelar Kampanye Sosial “Stop Wasting, More Cleaning”

51 views
FIKOM UC
Dari Pemuda Untuk Pemuda, Mahasiswi FIKOM UC Gelar Kampanye Sosial “Stop Wasting, More Cleaning” (foto : ist)

SURABAYA, hariansurabaya.com | Pada hari Minggu lalu tepatnya 27 November 2022, mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Media Universitas Ciputra (FIKOM UC) Surabaya mengadakan kampanye sosial tentang ‘Sampah dan pengelolaanya berkolaborasi dengan Komunitas Bye Bye Plastic Bags Surabaya’.

Kegiatan diadakan di Balai RW 02 Lebo Agung dan diikuti oleh Karang Taruna RW. Lebo Agung yang merupakan daerah padat penduduk, sehingga persentase produksi sampah yang dihasilkan cukup tinggi. Berangkat dari kekhawatiran akan kondisi lingkungan, maka digagaslah kegiatan ini dengan tujuan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kepedulian peserta tentang sampah di lingkungan sekitar.

Kampanye Sosial “Stop Wasting, More Cleaning” dirancang oleh lima mahasiswi
FIKOM UC yaitu Ivana Clairine, Ida Ayu Indira, Gabrielle Emanuelle, Amelie Budhiono, serta
Ni Ayu Laura. Kami bekerjasama dengan Yayasan Kasih Bangsa Surabaya (YKBS) dibawah
divisi Solidaritas Relawan Kemanusiaan (SRK). Lebo Agung yang merupakan daerah bimbingan YKBS menjadi rekomendasi wilayah untuk pelaksanaan kegiatan.

Untuk mendukung keberhasilan tujuan kegiatan, maka para mahasiswa itu menjalin kerjasama dengan Bye Bye Plastic Bags Surabaya yang merupakan komunitas anak muda yang konsen terhadap sampah khususnya sampah plastik. Kegiatan dimulai dengan materi singkat dari Nabil selaku perwakilan Komunitas Bye Bye Plastic Bags Surabaya. Kemudian disusul dengan mengajak peserta untuk menyusuri wilayah setempat dan mengumpulkan sampah berupa botol minum plastik sekali pakai. Peserta begitu semangat terbukti dari tujuh karung besar penuh dengan botol yang berhasil mereka kumpulkan.

“Capek, tapi seru,” jelas salah satu peserta ketika ditanya kesan pesan kegiatan ini.

Selain materi, Nabil menunjukkan pula secara langsung proses pengelolaan botol plastik
tersebut. Segenap peserta ikut mempraktikkan mulai dari menyortir jenis botol, melepaskan label dan tutup botol, membersihkan botol plastik dengan sabun, lalu mengeringkan dan terakhir dikumpulkan dalam karung baru yang nantinya akan disampaikan ke bank sampah terdekat.

“Kami senang ketika tujuan kegiatan ini bisa tersampaikan dan diterima dengan baik oleh
para peserta, semoga kedepan upaya praktis ini dapat terus dilanjutkan,” ungkap Ida Ayu Indira.

Begitu pula respon positif disampaikan Mas Dhimas selaku pengurus Karang Taruna RW. Dia bangga anak muda mau belajar dan bergerak bersama. Ia berharap kedepan akan semakin banyak kegiatan serupa yang dapat membangun para pemuda-pemudi karena generasi muda punya peran besar termasuk pada bidang lingkungan.

Penulis : Clairine – Mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Media Universitas Ciputra (FIKOM UC)