Tutup Kegiatan Jambore Kader PKK Provinsi Jatim 2023, Arumi Harapkan Peningkatan Kualifikasi Sebagai Pelopor Perubahan

15 views
Tutup Kegiatan Jambore Kader PKK Provinsi Jatim 2023, Arumi Harapkan Peningkatan Kualifikasi Sebagai Pelopor Perubahan
Tutup Kegiatan Jambore Kader PKK Provinsi Jatim 2023, Arumi Harapkan Peningkatan Kualifikasi Sebagai Pelopor Perubahan

hariansurabaya.com | MOJOKERTO – Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak mengajak seluruh pengurus maupun kader TP PKK se-Jatim untuk terus meningkatkan kualifikasi diri sebagai pelopor perubahan. Sehingga Kader PKK dapat turut serta membantu pembangunan di Jawa Timur.

Hal tersebut disampaikan Arumi panggilan akrabnya itu saat menutup secara resmi kegiatan Jambore Kader PKK Provinsi Jatim 2023 di Multifunction Room Hotel Grand Whiz Trawas Kabupaten Mojokerto, Rabu (15/3).

Menurut Arumi, PKK mempunyai peranan yang strategis. Pasalnya, selain struktur dari PKK itu sendiri sudah terbangun dari bawah sampai tingkat atas, tetapi juga tugas dan fungsi PKK sudah tertulis jelas. Sehingga mampu menjalankan program secara optimal dan sistematis.

“Kami meyakini PKK ini memiliki peranan strategis, karena sudah terbangun strukturnya diseluruh kabupaten sampai desa dan dasa wisma. Sebenarnya sudah tertulis semua tupoksi kita masing-masing,” jelasnya.

Lebih lanjut, Istri Wagub Jatim ini menyampaikan, tantangan zaman semakin berkembang dan berubah. Maka kader-kader PKK juga harus terus mengikuti tantangan zaman tersebut dengan meningkatkan kualifikasinya. Sehingga kedepannya mampu menjawab permasalahan-permasalahan yang ada.

“Tapi memang masih banyak yang harus diperbaiki, karena tantangan dilapangan terus berubah, jadi kita terus membina, kemudian meningkatkan kualifikasi kader kami, sehingga kualifikasinya lebih tinggi lagi dan nantinya bisa membantu program-program Pemerintah,” ujarnya.

Di akhir, Arumi berharap supaya kegiatan PKK di Jawa Timur terus bergerak dan serentak, pasalnya masih banyak program TP PKK Jatim ini yang masih menjadi pekerjaan rumah. Bukan hanya program tingkat Jawa Timur namun juga Tingkat Nasional.

“Harapannya kita bergerak serentak, karena banyak mimpi-mimpi program bukan hanya tingkat Jawa Timur tapi tingkat Nasional yang menjadi PR kita sama-sama, stuntingnya, pernikahan banyak diusia dini dan sebagainya,” harapnya.

“Nah Kader-kader lah yang menjadi ujung tombak, karena kader-kader itu yang paling tahu budaya lokal seperti apa, masalah dilapangan seperti apa, sehingga acara jambore menjadi salah satu acara apresiasi bagi mereka,” imbuhnya.

Untuk diketahui, kegiatan Jambore Kader PKK Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan tanggal 14-15 Maret 2023 itu, diikuti oleh Pengurus dan kader PKK di 38 Kab/Kota di Jawa Timur, dan diisi dengan berbagai kegiatan lomba-lomba.

Pada kesempatan itu pula, panitia kegiatan Jambore Kader PKK Provinsi Jawa Timur ini juga memberikan berbagai hadiah kepada para pemenang berbagai lomba yang diadakan pada kegiatan tersebut.

Untuk Juara I direbut oleh TP PKK dari Kabupaten Bondowoso, lalu untuk juara II diraih oleh TP PKK Kabupaten Tulungagung dan juara III disabet oleh TP PKK Kabupaten Ponorogo, sedangkan secara berurutan, Kota Batu, Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Bojonegoro masing-masing meraih juara harapan I, II dan III.(ac)