Pelatihan Olah Kain Shibory bersama Siswa SDN Kedurus III Surabaya

76 views
Pelatihan Olah Kain Shibory bersama Siswa SDN Kedurus III Surabaya
Pelatihan Olah Kain Shibory bersama Siswa SDN Kedurus III Surabaya

hariansurabaya.como | SURABAYA –  Ibu Semangat Indonesia Kuat Surabaya yang biasa disebut dengan ISIK Surabaya, Koordinator Wilayah Surabaya Barat Ulya Retno Cahyani berbagi ilmu dengan siswa-siswi kelas VI SDN Kedurus III Surabaya, Sabtu 18/3/2023 bertempat dihalaman sekolah yang beralamat di jalan Bogaging Surabaya.

Kegiatan dengan swadaya dana dari Robi Fajarillah Rangkuti yang merupakan warga Karang Pilang Surabaya yaitu dengan tujuan untuk mensukseskan pelatihan olah kain Shibory ini, sebagai penambah wawasan untuk generasi muda sebagai bekal wirausaha ketika sudah terjun di masyarakat kelak.

Kegiatan ini juga sebagai upaya dalam rangka persiapan untuk menghadapi UKK nanti. UKK untuk siswa kelas VI juga juga ada praktek membatik dan kerajinan lainnya.

“Pembelajaran olah kain shibori terhadap siswa-siswi sekolah dasar merupakan tranformasi ke ilmuan yang nanti nya akan dapat berkesinambungan buat siswa tersebut untuk bekal mereka, saya harap dengan cara seperti ini pengenalan tehnik olah kain dapat lebih masif untuk diperkenalkan dan dipelajari ke semua lapisan masyarakat”. Kata Robi Fajarillah Rangkuti warga Karang Pilang Surabaya, ketika ditemui awak media menyampaikan harapannya.

ISIK Surabaya ini merupakan besutan Prita Eksimaningrum, yang mana cita-cita mulianya yaitu menciptakan wirausaha dengan kreasi yang bernilai tinggi dalam karya olah kain Shibory, batik tulis dan kegiatan yang lainnya yang berkesinambungan.

Rasa bahagia juga diungkapkan oleh kepala sekolah SDN Kedurus III Surabaya, Romlah, S.Pd, menyampaikan, “Kegiatan ini sangat membantu untuk anak-anak dalam menghadapi UKK nanti, karena akan ada praktek membatik. Harapan kedepannya pelatihan ini juga sebagai bekal anak-anak untuk berwirausaha suatu saat nanti ketika sudah dewasa dan terjun dalam kehidupan sosial masyarakat”. Katanya.

Anak merupakan generasi muda yang harus diperhatikan, terutama dalam hal pendidikannya. Memberikan bekal ketrampilan sejak dini kepada mereka merupakan salah satu wujud kepedulian pada masa depannya kelak.

Dengan bersemangat mengikuti pelatihan dengan gembira, akhirnya anak-anak pun menghasilkan suatu karya seni sendiri yang bagus. Hal tersebut berkat ketelatenan pengajar dari Koordinator ISIK wilayah Surabaya Barat, Ulya Retno Cahyani, yang di bantu oleh ISIK bagian pemasaran, Heniati, serta bapak ibu guru SDN Kedurus III Surabaya. (hen)