Usaha dan Kreatifitas Mahasiswa DKV UISI Untuk Memperkenalkan Program Studi kepada Masyarakat

46 views
Usaha dan Kreatifitas Mahasiswa DKV UISI Untuk Memperkenalkan Program Studi kepada Masyarakat
Usaha dan Kreatifitas Mahasiswa DKV UISI Untuk Memperkenalkan Program Studi kepada Masyarakat

hariansurabaya | GRESIK – Satu hari untuk manusia normal rata-rata tidur 7 sampai 8 jam. Namun tidak bagi mereka, mahasiswa jurusan desain yang hampir setiap hari memiliki tugas. Satu tugasnya tidak tanggung-tanggung, bisa membutuhkan waktu berjam-jam bahkan bisa mengurangi jam tidur.

Tugasnya terkadang cukup rumit dimana membutuhkan material-material berat seperti bahan bangunan; kayu, kawat, triplek. Bahan tersebut membutuhkan banyak energi, tidak sadar mereka sering disebut kuliah tukang atau kuli.

Jika dilihat lebih dalam lagi, tugas seperti itu didapatkan ketika semester awal atau semester 1 dan 2. Seperti halnya di Program Studi Desain Komunikasi Visual di Universitas
Internasional Semen Indonesia, semester tersebut memiliki mata kuliah terkait yaitu Nirmana.

Beberapa pernyataan dari mahasiswa DKV UISI, mata kuliah ini adalah ‘momok’ terbesar bagi mereka. Selain energi, uang juga terkuras. Terlebih akan ada pameran yang harus disiapkan untuk menunjukkan karya Nirmana mereka dan juga karya-karya dari mata kuliah lain.

Mahasiswa DKV UISI di event yang mereka buat
Mahasiswa DKV UISI di event yang mereka buat

Ya, semua karya yang dihasilkan selama satu semester perkuliahan pastinya tidak dinilai
begitu saja, melainkan akan dipamerkan ke masyarakat luas. Tentu saja, pameran bukan hanya ajang untuk individu mahasiswa. Namun, juga untuk sosial mahasiswa, dimana mereka akan saling bekerja sama menyiapkan segala sesuatu untuk membuat acara pameran yang meriah.

Pameran tiap semester tersebut juga menjadi ajang pelatihan mereka untuk mengorganisasikan acara pameran puncak DKV UISI yang akan dilaksanakan setiap tahun.
Megapixel, itulah nama dari acara puncak tersebut. Tahun ini, acara ini sudah memasuki tahun ke-4 dan direncanakan akan dilaksanakan pada kuartal kedua tahun ini.

Bertujuan untuk memperkenalkan program studi kepada masyarakat khususnya siswa dan
siswi SMA/SMK. Mengenal lebih jauh apa saja yang dipelajari hingga apa saja prospek bidang dari DKV yang sering sekali disalahartikan oleh masyarakat awam. Acara Megapixel 4.0 mendatang akan menampilkan karya-karya kreatif mahasiswa dibalut pameran seni, workshop dan talkshow, dan juga ada hiburan musik.

Penulis : Alya Nur Sabrina (mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual – Universitas swasta Gresik)