Patriot Garuda Nusantara Melakukan Ziarah Ke Makam KH Hasyim Asy’ari

23 views
Patriot Garuda Nusantara Melakukan Ziarah Ke Makam KH Hasyim Asy'ari - Gus Iwan Ketum PGN (kiri)
Patriot Garuda Nusantara Melakukan Ziarah Ke Makam KH Hasyim Asy'ari - Gus Iwan Ketum PGN (kiri)

hariansurabaya.com | JOMBANG – Beberapa waktu yang lalu, Ketua Umum Patriot Garuda Nusantara Gus Iwan Hafidz Cahyono beserta jajarannya, melakukan ziarah ke makam Hadrotussyeh KH. Hasyim Asy’ari. Yang tidak lain adalah kakek dari Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur panggilan akrabnya.

Gus Dur pernah menjabat sebagai presiden secara sah namun di turunkan oleh sengkuni dan kawan-kawan. Tetapi dibela oleh Warga Nahdiyyin dan pasukan berani mati dimana dari pasukan berani mati inilah melahirkan Patriot Garuda Nusantara (PGN).

Hadrotussyeh juga besan dari seorang muassis NU lainnya, yaitu KH Bisri Syansuri di kompleks Pondok Pesantren Denanyar, Jombang. Yang tidak diragukan lagi, peran Mbah Hasyim penting sekali bagi perkembangan Islam di Nusantara.

Ayahanda Menteri Agama fenomenal – KH A Wahid Hasyim, ini mendirikan Pesantren Tebuireng pada 1899 M. Hampir sebagian besar pesantren di Jawa dan Sumatera lahir dari rahim Pesantren Tebuireng. Para kiainya juga pernah menjadi santri Mbah Hasyim.

Selain itu, Hadratussyekh KH M Hasyim Asy’ari juga berperan penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ia mengajak para santrinya untuk berjuang melawan penjajah.

Menurut Mbah Hasyim, berjuang melawan penjajah hukumnya fardlu ‘ain. Wajib bagi setiap kaum Muslimin Indonesia.(ac)