BI Jatim Gelar Festival Simfoni Rupiah, Terus Sosialisasi dan Edukasi Qris ke Masyarakat

24 views
BI Jatim Gelar Festival Simfoni Rupiah, Terus Sosialisasi dan Edukasi Qris ke Masyarakat
BI Jatim Gelar Festival Simfoni Rupiah, Terus Sosialisasi dan Edukasi Qris ke Masyarakat

hariansurabaya.com | SURABAYA – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur (KPw BI Jatim) bersama Pemerintah Kota Surabaya terus mendorong masyarakat menggunakan QRIS untuk transaksi non tunai atau pembayaran digital. Keduanya berkolaborasi dalam gelaran acara Festival Simfoni Rupiah di area Tugu Pahlawan Surabaya yang diselenggarakan pada Sabtu (19/8/2023),

Festival Sinergi Sistem Pembayaran melalui Orientasi Cinta Rupiah ini merupakan bagian dari Pekan QRIS Nasional, yang digelar di seluruh Indonesia mulai 14 hingga 20 Agustus 2023. Kegiatan ini mencakup sosialisasi & edukasi kepada konsumen, perguruan tinggi, mahasiswa, serta pengalaman penggunaan QRIS dalam video.

Kepala KPw BI Jatim Doddy Zulverdi menegaskan, pemakaian QRIS membuat semua transaksi menjadi lebih efisien. “Ini sesuai prinsip QRIS sebagai instrumen pembayaran yang cemumuah, yakni cepat, mudah, murah, aman dan handal,” ujarnya.

Doddy menambahkan, BI telah melakukan inovasi pada sistem pembayaran digital QRIS menjadi lebih cepat dan tersistem. “Infrastrukturnya sudah kami uji, baik dilakukan oleh instrumen bank dan non bank. Karena lebih efisien, membuat semua aktivitas ekonomi menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan terima kasih atas inovasi transaksi non tunai yang digagas BI lewat QRIS. Menurutnya, pendapatan UMKM Kota Surabaya dengan QRIS juga terus meningkat. Dengan menggunakan QRIS, semua catatan transaksi akan tersimpan secara otomatis.

“Dengan QRIS kami bisa memantau harga barang, hingga bisa menjaga inflasi. Ini memudahkan syarat saat para pelaku UMKM mengajukan kredit usaha di bank. Untuk itu, secara bertahap saat ini kami mulai menerapkan sistem pembayaran QRIS di seluruh pasar tradisional Surabaya. jelas Eri.

Hal senada juga disampaikan Indah Kurnia yang memberikan apresiasi atas kolaborasi yang dilakukan Pemkot Surabaya bersama BI, khususnya dalam mendorong masyarakat memanfaatkan pembayaran QRIS pada setiap transaksi ekonomi. Bahkan, BI telah menyiapkan sistem pembayaran QRIS sebelum pandemi Covid-19.

“Prinsip QRIS adalah cepat, mudah, murah, aman dan handal. QRIS pada September atau maksimal pada November ada QRIS Tuntas, kita bisa melakukan interaksi dan terkoneksi dengan Singapura. Jadi masyarakat kita yang ingin melakukan transaksi atau membayar apapun bisa melakukan pembayaran lewat QRIS Tuntas,” tutupnya anggota DPR RI dari PDI Perjuangan itu.(ac)