Wagub Emil Dardak Resmikan Gedung Baru Kanwil IV KPPU

30 views
Wagub Emil Dardak Resmikan Gedung Baru Kanwil IV KPPU
Wagub Emil Dardak Resmikan Gedung Baru Kanwil IV KPPU

hariansurabaya.com | SURABAYA – Gedung baru Kantor Wilayah IV Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI diresmikan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak pada Jumat (20/10).

Peresmian Gedung KPPU yang beralamat di Jalan Embong Sawo, No. 36 Embong Kaliasin, Surabaya itu ditandai dengan pemotongan pita dan pemotongan tumpeng. Emil Dardak langsung didampingi Ketua KPPU RI M. Afif Hasbullah.

Sebelumnya, KPPU yang membawahi wilayah Jawa Timur, Bali, NTT, dan NTB itu menempati kantor Gedung Mandiri di jalan Basuki Rakhmat Surabaya. Sedang gedung yang baru ini aksesnya lebih mudah karena milik sendiri dan berlokasi di pinggir jalan.

Wagub yang akrab disapa Emil itu mengatakan, kehadiran KPPU RI ini berperan besar dalam menciptakan iklim usaha yang sehat. Yang mana, akan berimbas baik pada roda perekonomian daerah maupun nasional.

“Ini suatu kehormatan bahwa Kantor KPPU Wilayah IV ini ditempatkan di Surabaya, Jawa Timur. Insya Allah dengan ini Jatim tetap istiqomah dalam mewujudkan ekonomi Pancasila, yakni membangun kesejahteraan dan keadilan,” ungkapnya.

Emil juga mengatakan, Pemprov Jatim berkomitmen untuk memaksimalkan sinergitas dengan instansi vertikal, termasuk di dalamnya komisi-komisi yudisial. “Karena mereka ini memang diisi oleh pakar-pakar yang tahu bidangnya masing-masing. Maka kita harus bisa istiqomah mengikuti kaidah-kaidah dari beliau-beliau. Jadi istilahnya kita tidak usah reinventing the wind,” katanya.

Sedangkan Ketua KPPU RI M. Afif Hasbullah mengatakan, Jawa Timur memiliki tingkat persaingan usaha yang relatif sehat. Terutama dengan capaian yang telah diraih. Capaian itu antara lain 2 penghargaan dari KPPU yang diterima Gubernur Khofifah pada Februari lalu, yaitu Tingkat Pratama untuk kategori Persaingan Usaha Tingkat Daerah, dan Tingkat Madya untuk kategori Kemitraan Daerah.

“Melihat capaian dan peningkatan Jatim, saya kok jadi optimis Insya Allah tahun depan Jatim bisa meraih penghargaan utama,” ucap Afif.

Sementara itu, Kepala Kanwil IV KPPU Dendy R.Sutrisno menyampaikan, kepindahan Kanwil IV KPPU ini atas kerja sama dengan Pemprov Jatim. Untuk itu, Dendy menyampaikan terimakasih.

Selain itu, dengan kantor baru yang lebih representatif ini, Dendy berharap ada potensi yang bisa ditambah untuk mendorong percepatan yang mungkin tertunda, baik dari sisi penegakan hukum dan lainnya menjadi semakin efektif termasuk pengawasan.

“Menempati gedung bisa punya akselerasi yang lebih baik mendukung program pemerintah juga jadi barometer ekonomi Jatim. Jadi gayung bersambut,” ucapnya.

Harapannya dengan kantor baru ini dapat menjalankan tugas dengan baik. Selain itu, dengan tempat yang lebih luas ini diharapkan bisa mengakomodir para mahasiswa magang. Juga, akan ada perpustakaan yang isinya buku dan hasil karya mahasiswa maupun dosen, jurnal persaingan, dan perpustakaan online yang terkonek dengan Kantor KPPU Pusat.(ac)