Enam Alasan Kenapa Tempe Tak Bisa Disepelekan

212 views

Terbuat dari kedelai yang difermentasi, tempe sudah ada di Indonesia sejak 400 tahunan silam. Acap disebut makanan kampung dan disepelekan, sebenarnya tempe memiliki manfaat yang luar biasa. Berikut ini alasan kenapa tempe tak boleh dianggap sebelah mata :

  1. Bagus untuk diet

Tempe mengandung protein tinggi yang dapat membantu Anda mengendalikan nafsu makan. Menikmatinya bisa membantu Anda merasakan kenyang lebih lama. Tak salah jika tempe menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk diet.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Tempe mengandung senyawa isoflavon. Senyawa ini bisa menurunkan kadar kolesterol Anda. Tidak perlu konsumsi banyak-banyak, cukup makan tiga atau empat potong tempe kukus setiap hari.

  1. Menurunkan resiko terserang penyakit jantung

Asam lemak tak jenuh, niasin, omega 3, dan omega 6 yang ada dalam tempe rupanya bisa menetralkan efek negatif kolesterol jahat. Mengkonsumsinya bisa mengurangi serangan penyakit jantung pada diri Anda.

  1. Menjaga tulang tetap kuat

Tempe merupakan sumber kalsium yang baik. Kandungan kalsium tersebut bermanfaat untuk mencegah terjadinya osteoporosis, sehingga kekuatan dan kepadatan tulang tetap terjaga.

  1. Menjaga tekanan darah

Kandungan potasium dalam tempe bemanfaat untuk mencegah serta menjaga agar tekanan dalam tetap stabil.

  1. Menjaga kesehatan usus

Tempe kaya akan probiotik yang dapat membantu Anda untuk menjaga usus sekaligus mencegah terjadinya diare, kembung, peradangan pada usus, hingga meningkatnya sistem kekebalan tubuh. [Ay]

 

Foto : koleksi pribadi20