PERDOSKI Rayakan Hari AIDS Sedunia Bersama CIMSA

235 views

SURABAYA – Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (PERDOSKI) cabang Surabaya berkolaborasi dengan Kelompok Studi Infeksi Menular Seksual Indonesia (KSIMSI), Kelompok Studi Herpes Indonesia (KSHI), Dept/SMF Kulit dan Kelamin FK UNAIR/ RSDS serta SCORA CIMSA UNAIR mengadakan Talkshow dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia dengan mengusung tema RHAPSODY : Raising Hope and Uplifting Youth on World AIDS Day.

Bertempat di GCV Marvel City Mall Surabaya, acara tersebut diketuai oleh dr. Astindaru, Sp.KK dihadiri oleh dokter-dokter anggota PERDOSKI, PPDS kulit, dan dokter muda stase kulit RSDS. Turut pula hadir mahasiswa FK dan non-FK dari UNAIR, ITS, UBAYA, UPN, dan UNESA.

Ketua PERDOSKI cabang Surabaya, Dr. Ni Putu Ary Widhyasti Bandem, M.Kes, Sp.KK, FINSDV dalam sambutannya mengatakan, sampai saat ini HIV/AIDS belum bisa dilawan, namun ada salah satu cara paling sederhana yaitu melakukan VCT (Voluntary Counseling Testing).

Talkshow tersebut dipimpin oleh Dr. Afif Nurul Hidayati, dr., Sp. KK selaku moderator dengan narasumber 2 ODHA (Orang dengan HIV/AIDS). sebagai narasumber, ODHA menceritakan pengalaman mereka ketika pertama kali didiagnosis positif HIV, penolakan sosial yang dialami, perjalanan penyakit mereka, titik balik untuk berubah dan tertib konsumsi ARV, hingga hidup berkeluarga dan berdiri sehat saat ini.

Dalam talkshow tersebut, dr. Afif menerangkan bahwa penularan HIV/AIDS tertinggi terdapat di lingkungan mahasiswa dan pelajar.

“Berdasarkan statistik terbaru, mahasiswa dan pelajar menduduki posisi yang cukup tinggi pada kelompok resiko penularan HIV/AIDS, bahkan tinggi daripada narapidana dan tentara yang dianggap tinggi resikonya di masyarakat,” katanya.

Selain talkshow, acara dilanjutkan dengan pemutaran video Infeksi Menular Seksual dan video edukasi HIV/AIDS. Setelah itu digelar nonton bersama film Bohemian Rhapsody, film biopik yang mengangkat kisah vokalis band legendaris, Freddie Mercury yang juga merupakan seorang ODHA.  (indra)