Berawal Dari Cover Album, Kini Koleksinya Mencapai Ribuan

220 views

SURABAYA – Saat ini mungkin sudah jarang dijumpai orang yang gemar mendengar sekaligus mengoleksi album klasik. Penggemar musik klasik mungkin oleh sebagian orang dianggap memiliki jiwa seni yang tinggi. Pada jaman dahulu untuk menikmati musik melalui piringan hitam.

Musik klasik memiliki era tersendiri, seperti halnya era musik barok (baroque). Beberapa komponis pada jaman barok yaitu Claudio Monteverdi, Johann Sebastian Bach, George Frideric Handel, dan Antonio Vivaldi. Kemudian ada era musik romantik, yakni dikaitkan dengan gerakan romantik pada sastra, seni serta filsafat. Beberapa komponis dari era ini misalnya Frederic Chopin, Giuseppe Verdi, Johann Strauss, Beethoven dan masih banyak komponis lainnya.

Pada saat ini musik klasik berkembang menjadi klasik modern. Terkait tentang musik klasik, ada seorang penggemar musik klasik dan juga pelukis yakni Hamid Nabhan, menceritakan awal mula dirinya tertarik dengan musik tersebut. Tak hanya menyukai musiknya saja, namun juga memilki koleksi album yang jumlahnya sangat banyak.

Sejak masih kecil dirinya menyukai musik, berawal dari pamannya yang suka memutar lagu-lagu klasik. Pada saat itu masih berupa piringan hitam. Di bangku SMP ia mulai menyukai jenis musik klasik, waktu itu masih berupa kaset. Dan kecintaanya terhadap musik tersebut berlanjut ke bangku SMA hingga masa kuliah.

Seiring perkembangan jaman, pada masa itu yang awalnya piringan hitam mulai ada kaset pita, lalu berkembang lagi menjadi Compact Disc (CD). dan pada masa kuliah ia mulai mengoleksi musik klasik secara keseluruhan. Saat ditanya mengapa tertarik musik klasik, Hamid mengatakan bahwa mulanya ia tertarik pada sampul album pada musik-musik klasik.

“Pertama kali ketertarikan saya terhadap musik klasik karena covernya. Dalam cover-cover tersebut memuat lukisan-lukisan kaum impresionis pada abad 19,” katanya. Hingga koleksinya mencapai sebanyak 1300 an keping CD. Untuk koleksi kasetnya lebih banyak lagi dari itu selain juga ada piringan hitam.

“Saya mulai mendalami musik klasik ini dibangku kuliahan. Mulai mengoleksi album dan koleksi-koleksi itu membengkak sampai sekarang sekitar 1300 an berupa CD. Itupun saya dapat dari berburu sampai ke luar negeri, membeli sacara online,kadang juga titip teman yang berangkat keluar negeri,” tambahnya.

Selain musik klasik, ia juga menyukai jenis musik blues, jazz, etnik, hingga musik pop. Dia juga menyukai suara-suara sopran dalam sebuah musik klasik. Namun ia mengakui jika musik klasik memiliki tempat tersendiri dihatinya. Terkadang musik-musik tersebut ia dengarkan saat mood untuk melukis datang. Baginya hal itu bisa membantu untuk menciptakan mood yang bagus. (indra)