Tips dan Trik Cara Kuliah Sukses Menurut Wagub Jatim Emil Dardak

133 views
Tips dan Trik Cara Kuliah Sukses Menurut Wagub Jatim Emil Dardak

hariansurabaya.com | Tips dan Trik Cara Kuliah Sukses Menurut Wagub Jatim Emil Dardak

Surabaya – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, mendorong pendidikan Vokasi di Jawa Timur berperan aktif mempersiapkan diri di masa dan pasca pandemik COVID-19. Hal itu disampaikannya pada Pengenalan Mahasiswa Baru Politeknik Elektronika Negeri Surabaya yang dilakuan secara daring, pada Jumat (4/9/2020).

Dunia pendidikan menjadi salah satu yang terdampak pandemik virus corona, mulai dari berubahnya metode pembelajaran, peluang dan tantangan pekerjaan. Hal inilah menurut Emil Dardak bisa dimanfaatkan mahasiswa.

1. Mahasiswa Wajib Haus Ilmu

Persaingan manusia dengan mesin bukan hanya terjadi baru-baru ini. Sejak awal revolusi industri, keberadaan manusia sudah terancam. Meski begitu, tetap ada yang membedakan manusia dengan mesin, yaitu memliki perspektif yang luas dan referensi seluas-luasnya.

“Jangan pernah menganggap ijazah yang nantinya didapat adalah tujuan akhir proses belajar. Kita harus memiliki karakter belajar yang secara aktif, perbanyak ngulik, pelajari lintas ilmu yang masih berkaitan dalam pemgembangan kognitif kita,” jelas Emil.

2. Mahasiswa Harus Adaptif Terhadap Perubahan

Adanya pandemik membuat pemanfaatan teknologi dalam dunia digital sangat tinggi. Sehingga kebutuhan akan sumber daya manusia yang mengerti soal dunia digital juga tinggi.

“Mahasiswa utamanya lulusan pendidikan vokasional harus mulai belajar beradaptasi dengan perubahan yang ada di masa pandemi, seperti perubahan model pembelajaran dan tantangan kerja yang berubah,” jelas Suami Arumi Bachsn ini.

3. Ajak Mahasiswa Manfaatkan Program Pemerintah

Berbagai tingkatan pemerintahan mulai dari pusat, provinsi, sampai daerah telah menyiapkan program untuk mengembangan potensi anak muda. “Bukan hanya karena covid 19 ini saja, program untuk anak muda kami buat untuk dimanfaatkan secara bersama-sama,” ungkapnya.

Untuk menunjang kemampuan mahasiswa di luar kampus, Emil mengenalkan beberapa program Pemprov Jatim. Salah satunya Millenial Job Center dan Big Data. Dia juga ingin agar para mahasiswa dapat memanfaatkan program tersebut.

“Jangan pernah menganggap ijazah yang nantinya didapat adalah tujuan akhir proses belajar. Kita harus memiliki karakter belajar yang secara aktif, perbanyak ngulik, pelajari lintas ilmu yang masih berkaitan dalam pengembangan kognitif kalian. Hal yang harus dikembangkan adalah Perspektif yang luas adalah kuncinya dan memiliki referensi seluas-luasnya,” tutup Emil. (ist)