Anggota BPD Wedoro memperkuat ABPEDNAS Sidoarjo, untuk menambah wawasan dan pengalaman

160 views
Anggota BPD Wedoro memperkuat ABPEDNAS Sidoarjo, untuk menambah wawasan dan pengalaman

hariansurabaya.com | Anggota BPD Wedoro memperkuat ABPEDNAS Sidoarjo, untuk menambah wawasan dan pengalaman

Sidoarjo – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Wedoro, Kecamatan Waru – Kabupaten Sidoarjo merupakan lembaga legislatif desa yang didirikan oleh Pemerintah, diatur dalam UU Nomer 6 Tahun 2014. Sebagai mitra strategis Pemerintah Desa, BPD Wedoro mempunyai Tugas Pokok Fungsi (TUPOKSI) membuat Peraturan Desa (PERDES) dan mengawasi jalannya Pemerintahan Desa.

Anggota BPD merupakan Tokoh Masyarakat yang di pilih secara Demokratis, sebagai perwakilan masyarakat masing-masing RW di desa Wedoro. Anggota BPD Wedoro masa bhakti 2019 – 2025 yang mewakili masing – masing RW, sebagian besar merupakan wajah-wajah baru dalam lembaga Legislatif Desa tersebut. Dalam keanggotaan BPD Wedoro harus ada keterwakilan perempuan sesuai amanat UU Nomer 6 Tahun 2014 tentang desa.

Adapun struktur BPD Wedoro masa bhakti 2019 – 2025 adalah sebagai berikut :
1. Ir. Dodod Ambardo M.Agr. ( Ketua )
2. M. Shofwan.( Wakil Ketua )
3. Retno Hendrayani.SH( Sekretaris )
4. Ahmad Sabarudin ( Ketua Bidang Pemerintahan dan Pembinaan Masyarakat )
5. Ahmad Effendi S.PD ( Anggota )
6. M. Syamsuddin ( Anggota )
7. Bahrul Huda ( Ketua Bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat )
8. Eko Hadi Siswojo ( Anggota )
9. H.M. Haris ( Anggota )

Untuk melaksanakan TUPOKSI, anggota BPD Wedoro diwajibkan mengikuti BIMTEK. Gunanya adalah untuk menambah wawasan dan pengalaman sebagian anggota BPD Wedoro bergabung dengan ABPEDNAS. Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) merupakan organisasi BPD yang terstruktur dari Pusat sampai daerah.

Merupakan suatu kehormatan bagi Anggota BPD Wedoro yang anggotanya terpilih menjadi Pengurus Cabang ABPEDNAS Kabupaten Sidoarjo. Adapun pelantikan dan pengukuhannya pada tanggal 28 Oktober 2020 lalu bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda di Pendopo Kabupaten Sidoarjo. Diihadiri oleh bapak Fredik Suharto selaku Kepala Dinas PMD sekaligus Pembina ABPEDNAS, serta FORPIMDA Kabupaten Sidoarjo.

Baca juga Membangun Sinergitas dan Harmonisasi Antara BPD dan Kepala Desa

Dalam sambutannya pak Fredik berpesan agar anggota BPD yang tergabung dalam ABPEDNAS bisa bersinergi dengan pemerintah sehingga program-program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa bisa dilaksanakan dengan baik untuk kemajuan desa tersebut.Kelima anggota BPD Wedoro yang tergabung dalam Pengurus Cabang ABPEDNAS Kabupaten Sidoarjo bertekad untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat desa Wedoro melalui program – program yang dijalani nantinya. (madha)