Danone Space Jakarta : Smart Office Yang Jadi Kantor Pusat Baru Danone Indonesia

28 views
Danone Indonesia
Danone Space Jakarta : Smart Office Yang Jadi Kantor Pusat Baru Danone Indonesia (foto : ist)

hariansurabaya.com | Danone Space Jakarta : Smart Office Yang Jadi Kantor Pusat Baru Danone Indonesia

Jakarta – Mulai tanggal 29 November 2021, Danone Indonesia yang mencakup Danone AQUA, PT Nutricia Indonesia Sejahtera, PT Sarihusada Generasi Mahardhika, dan PT Nutricia Medical Nutrition, secara resmi telah menempati Kantor Pusat Baru yang beralamat di RDTX Place, Kuningan, Jakarta Selatan. Peresmian dilakukan oleh Ir. Putu Juli Ardika, M.A selaku Plt. Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dan disaksikan oleh Vera Galuh Sugijanto selaku VP General Secretary Danone Indonesia.

Diberi nama “Danone Space Jakarta”, kantor baru ini dirancang dengan mengusung konsep smart office dan hadir sebagai lingkungan kerja yang sehat, nyaman, dan aman serta mencerminkan harapan dan pandangan baru Danone Indonesia untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Bapak Ir. Putu Juli Ardika., M.A selaku Plt. Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Republik Indonesia yang menghadiri acara peresmian mengatakan. “Kami pun mengucapkan selamat dan menyambut hangat atas beroperasinya Kantor Pusat baru Danone Indonesia yang dirancang dengan sedemikian rupa agar dapat membantu meningkatkan produktivitas, kreativitas dan kesejahteraan karyawannya. Kami juga melihat bahwa kantor baru ini sudah memenuhi standar protokol kesehatan dan sangat sesuai dengan apa yang diharapkan pemerintah terhadap sektor industri seperti yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Perindustrian No. 3 Tahun 2021 tentang Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri Pada Masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat COVID-19. Hal ini menunjukkan bahwa Danone Indonesia berkomitmen dalam menjaga keselamatan dan kesehatan karyawannya. Seperti yang kita tahu, untuk dapat mencapai produktivitas, diperlukan keselamatan dan kesehatan.”

Arif Mujahidin selaku Corporate Communications Director Danone Indonesia mengatakan “Mengusung visi One Planet One Health, Danone Indonesia senantiasa berkomitmen untuk dapat berkontribusi secara aktif dalam mewujudkan kehidupan yang lebih sehat bagi masyarakat. Untuk membawa semangat ini kepada masyarakat Indonesia, Danone Indonesia percaya bahwa penguatan semangat ini perlu dimulai dari lingkungan internal khususnya kantor sebagai lingkungan tempat bekerja yang merupakan ‘rumah kedua’ bagi karyawannya. Pemindahan kantor pusat ini juga didasari oleh masukan dari karyawan kami, dimana karyawan menginginkan kantor dengan nuansa yang lebih inovatif dan dilengkapi dengan fitur dan fasilitas terkini.”

Sesuai dengan visi One Planet, kantor pusat baru Danone Indonesia dirancang dengan mengedepankan nilai sustainability melalui penggunaan material daur ulang untuk beberapa fasilitasnya serta penyediaan fasilitas pengelolaan sampah yang mumpuni. Untuk mewujudkan visi One Health, Danone Indonesia berkomitmen menghadirkan hidrasi dan nutrisi yang baik bagi karyawannya disertai dengan fasilitas kantor yang mendukung gaya hidup aktif seperti: penyediaan tangga internal untuk mendorong karyawan lebih aktif bergerak serta meja kerja yang dilengkapi dengan alat olah fisik seperti walking pad. Dalam membangun kantor pusat barunya ini, Danone Indonesia juga menerapkan Activity-Based Working (ABW) sebagai new way of working yang dirancang untuk membantu karyawan menjadi kapten dalam lingkungan kerjanya – leluasa dalam memilih tempat kerja yang dapat meningkatkan produktivitas, kolaborasi, dan inovasi sehingga pada akhirnya dapat tercipta budaya kinerja tinggi (high-performing culture) dalam perusahaan.

Dwi Sutarjantono selaku People Development Practitioner mengatakan “High-performance culture banyak diterapkan perusahaan saat ini karena dapat membantu perusahaan dan karyawan untuk menghasilkan performa kinerja yang maksimal. Diperlukan struktur organisasi yang lebih horizontal (tidak hierarkis) untuk mendorong terciptanya inovasi dan kolaborasi. Perusahaan pun perlu menyediakan tempat kerja yang dibangun menggunakan mindset yang mengarah pada masa depan, yaitu yang mempertimbangkan kebutuhan karyawan yang beragam dan terus berkembang.”

Dwi menambahkan bahwa menurut data Sensus Penduduk 2020 dari BPS, mayoritas penduduk Indonesia adalah generasi Z dan milenial yang sebagian diantaranya telah menjadi bagian dari kelompok pekerja dan sebagian lainnya tengah mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Beberapa tahun ke depan, merekalah yang akan mendominasi kelompok pekerja di Indonesia. Keduanya diyakini memiliki mindset dan style bekerja yang lebih terbuka dan gesit. Karenanya, Dwi menyarankan kepada para pekerja untuk terus mendorong diri menjadi karyawan yang lebih kreatif, produktif, inovatif serta mengedepankan kerja sama tim atau kolaborasi dalam memecahkan masalah, agar sukses dalam menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif.

Demi mendukung karyawan mengasah potensi dan kreativitasnya dalam berinovasi serta menciptakan konektivitas dan kolaborasi, area kerja kantor pusat baru memiliki format semi open-space dan dilengkapi dengan teknologi terkini untuk memberikan karyawan keleluasaan dalam memilih area kerja sesuai dengan kebutuhan produktivitasnya. Konsep ABW merupakan perpaduan antara open space dan focus space.

Konsep ini dirancang untuk membantu setiap individu untuk lebih fokus terhadap hasil, baik saat mereka ingin berkolaborasi, membuat keputusan berbasis data, melakukan virtual sharing, atau pun saat membutuhkan tempat tenang untuk bisa fokus bekerja. Sebagai wujud dari komitmen Danone Indonesia terhadap kesejahteraan dan keamanan karyawan, salah satunya menjadi “perusahaan ramah keluarga”, Danone Indonesia juga menghadirkan ruang menyusui dan fasilitas kesehatan yang dilengkapi dengan tenaga kesehatan.

Sebagai “The Best Companies in Asia” dan “The Most Caring Companies” oleh HR Asia, Danone Indonesia berkomitmen dalam melindungi kesehatan dan keselamatan karyawannya, Danone Indonesia juga senantiasa menjalankan program Return2Office untuk memastikan tempat kerja sesuai dengan standar protokol COVID-19 seperti penyediaan guideline, healthy kit, dan peningkatan fasilitas kantor salah satunya penggunaan teknologi yang minim sentuhan. Berbagai fitur dan teknologi terkini yang dihadirkan di kantor pusat baru ini diantaranya seperti: stand-to-sit table, breakout area, canteen, game room, green room, data room, individual pod dan lain-lain.

Sebagai perusahaan produk makanan yang ingin menghadirkan kesehatan bagi planet, masyarakat, dan ekosistem, bagi Danone Indonesia merupakan suatu keharusan untuk menghormati alam, termasuk tempat kita berpijak yaitu Indonesia yang merupakan negara yang kaya akan alam maupun budayanya.

“Karenanya, dari segi desain, kantor pusat baru Danone Indonesia terlihat merepresentasikan nilai-nilai Danone Indonesia yang modern, gesit dan atraktif. Menggunakan ‘Kekayaan Alam Indonesia’ sebagai konsep desain utamanya, setiap lantai memiliki tema tersendiri yang menampilkan kekayaan alam dan budaya Indonesia. Danone Indonesia pun menggunakan nama-nama danau, pantai ataupun persawahan yang ada di Indonesia untuk menamai ruang-ruang pertemuannya. Mural batik yang memiliki nilai filosofis di setiap desainnya tampak mempercantik tampilan dari kantor pusat Danone Indonesia yang baru ini, salah satunya Batik Pekalongan yang merepresentasikan inovasi dan perkembangan,” jelas Jemmy Sikumbang, ST, Senior Designer dari Design Partners Indonesia.

“Dengan kantor baru yang mencerminkan harapan serta pandangan baru Danone Indonesia untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang optimal ini, Danone Indonesia berharap kantor baru ini dapat menjadi lingkungan kerja yang sehat, nyaman, dan aman bagi karyawan kami sehingga Danone Indonesia dapat terus tumbuh sebagai perusahaan yang berkontribusi dalam melahirkan inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat Indonesia,” tutup Arif Mujahidin. (av)