Taklukkan Tuan Rumah Thailand 4-1, Tim Putra Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Thomas 2022

27 views
Jonatan Christie menjadi satu-satunya tunggal putra Indonesia yang tersisa di babak 16 besar Denmark Open 2022/badminton.ina

Bangkok, HarianSurabaya.com–Tim putra bulutangkis Indonesia memastikan lolos lebih cepat ke babak perempat final Piala Thomas 2022.

Indonesia memastikan lolos ke babak gugur usai mengalahkan tuan rumah Thailand 4-1 pada pertandingan kedua Grup A Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Bangkok, Senin (9/5) malam.

Di pertandingan tadi malam, Indonesia sebenarnya sempat tertinggal karena tunggal pertama, Anthony Sinisuka Ginting kalah di pertandingan pertama. Ginting kalah rubber game 12-21, 21-15, 9-21 dari Kunlavut Vitidsarn.

Namun, Indonesia kemudian meraih empat kemenangan beruntun yang dipersembahkan oleh ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Jonatan Christie, pasangan dadakan, Bagas Maulana/Kevin Sanjaya, serta Shesar Hireen Rhustavito.

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menyamakan skor 1-1 lewat kemenangan rubber game 21-12, 26-28, 21-11 atas pasangan Chaloempon Charoenkitamorn / Nanthakarn Yordphaisong.

Indonesia berbalik unggul 2-1 setelah Jonatan Christie menang straight game atas Kantaphon Wangcharoen dengan skor 22-20, 21-16.

Situasi menjadi mendebarkan di game keempat. Di situasi menentukan, Indonesia menurunkan pasangan dadakan, Bagas Maulana dipasangkan dengan Kevin Sanjaya. Lawannya, pasangan Peeratchai Sukphun/ Pakkapon Teeraratsakul. Toh, Bagas/Kevin menang 24-22, 21-11. Indonesia pun memastikan keunggulan atas Thailand menjadi 3-1.

Lalu, Shesar Hireen Rhustavito yang tampil di game terakhir, menutup kemenangan Indonesia menjadi 4-1 usai mengalahkan Sitthikom Thammasin 21-19, 21-14.

Kemenangan atas tim tuan rumah itu membuat Indonesia kini mengumpulkan 2 poin, hasil dari dua kemenangan. Sebelumnya, Indonesia mengalahkan Singapura juga dengan skor 4-1 di pertandingan pertama (8/5).

Poin tim Indonesia kini sama dengan Korea Selatan. Tadi malam, tim Korea Selatan mengalahkan Singapura dengan skor tipis 3-2.

Di pertandingan terakhir Grup A pada Rabu (11/5) besok, Indonesia akan berjumpa Korsel yang secara kualitas terbukti di atas Thailand dan Singapura.

Meski kedua tim memang sudah sama-sama lolos ke perempat final, tetapi pertandingan ini tetap penting untuk memperebutkan posisi juara Grup A. (hsa)