Sempat Ada Kendala pada Paket Lelang, Website LPSE Pemkot Surabaya Kini Berjalan Normal

4 views
Website Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dipastikan berjalan normal

Surabaya, HarianSurabaya.com–Website Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dipastikan berjalan normal. Meski sebulan yang lalu, tepatnya tanggal 11-12 April 2022, secara teknis terdapat kendala pada salah satu paket lelang dalam website yang beralamat di lpse.surabaya.go.id tersebut.

Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa dan Administrasi Pembangunan Kota Surabaya, Syamsul Hariadi. Ia memastikan, pasca mengalami kendala pada sebulan yang lalu, hingga sekarang website LPSE Kota Surabaya berjalan normal.

“Beberapa waktu yang lalu memang pernah ada trouble di LPSE untuk akses pada salah satu paket lelang. Namun setelah itu sampai sekarang sudah tidak ada kendala,” kata Syamsul saat dihubungi Selasa, (10/5/2022).

Syamsul menjelaskan, kala itu ketika website mengalami trouble, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI. Kendala itu diketahui karena adanya dokumen pemilihan yang tidak terbaca oleh sistem. Karenanya, semua penyedia saat itu tidak bisa melakukan penawaran ke dalam sistem.

“Akhirnya waktu itu paketnya dinyatakan gagal lelang. Jadi tidak ada pemenang dan ditender ulang. Nah, setelah itu tidak ada kendala sampai sekarang,” katanya.

Namun demikian, kata Syamsul, hari ini pihaknya justru menerima pengaduan yang disampaikan oleh salah satu pihak penyedia melalui media online mengenai adanya kendala di website LPSE. Tentu saja, setelah menerima pengaduan, ia langsung berkoordinasi dengan jajarannya agar segera melakukan pengecekan.

“Tadi siang begitu ada komplain di media, teman-teman saya minta untuk cek kembali LPSE. Dan secara teknis tidak ada masalah,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Syamsul pun mengimbau kepada seluruh pihak penyedia, apabila masih mengalami kendala ketika mengakses website LPSE, bisa dicek dahulu kondisi jaringan internetnya. “Bisa dicek dahulu jaringannya (internet), mungkin kurang stabil atau bisa ganti koneksi jaringan yang lebih stabil,” pesan dia.

Namun demikian, apabila pihak penyedia masih mengalami kendala atau kesulitan mengakses website LPSE, Syamsul mengimbau agar bisa langsung datang ke Kantor Bagian Pengadaan Barang/Jasa dan Administrasi Pembangunan Gedung Pemkot Surabaya Lantai IV, Jl Jimerto 25-27 Surabaya.

“Kalau masih belum sukses juga bisa langsung datang ke lantai 4 Gedung Pemkot Surabaya. Akan kita bantu sepenuhnya,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, LPSE Kota Surabaya memfasilitasi proses pengadaan barang/jasa secara elektronik di lingkungan Pemkot Surabaya, baik yang dilakukan secara tender maupun non tender.

LPSE Kota Surabaya menggunakan aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) yang dikembangkan oleh LKPP RI. Aplikasi SPSE yang digunakan oleh LPSE Kota Surabaya adalah versi update terakhir 4.5 dari LKPP. Sedangkan infrastruktur untuk server LPSE Surabaya, ditunjang dengan ketersediaan server, database, network dan sistem keamanan informasi yang handal.

Apabila terdapat kendala dalam melakukan penawaran melalui Apendo (Aplikasi Pengaman Dokumen), maka pelaku usaha dapat mengikuti tips yang telah disampaikan di halaman LPSE Surabaya.

Jika masih terdapat kendala, pelaku usaha juga dapat menyampaikannya melalui LPSE Support LKPP maupun menghubungi Helpdesk LPSE Kota Surabaya melalui nomor telepon 031-5462064, whatsapp 085236990064 dan email helpdesk@lpse.surabaya.go.id. (hsa)