Dilaunching Saat Gebyar Hari Anak Nasional, KatePay Latih Pelajar Surabaya Atur Literasi Keuangan

15 views
Bunda PAUD Kota Surabaya, Rini Indriyani

Surabaya, HarianSurabaya.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berkolaborasi dengan Bunda PAUD Kota Surabaya menggelar Gebyar Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2022. Sejumlah kegiatan pun disiapkan untuk menyemarakkan puncak peringatan HAN yang berlangsung di Kompleks Balai Pemuda Surabaya pada Rabu, 27 Juli 2022.

Satu di antaranya kegiatan itu adalah launching sistem pembayaran KatePay bagi pelajar SD – SMP Surabaya. Sistem non tunai atau cashless society tersebut, menggunakan Kartu Identitas Anak (KIA) sebagai metode pembayaran yang bisa memberikan edukasi pembelajaran manajemen keuangan.

Bunda PAUD Kota Surabaya, Rini Indriyani mengatakan, bahwa KatePay merupakan gebrakan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya. Sistem pembayaran cashless society itu bakal dilaunching pada puncak peringatan HAN 2022 di Balai Pemuda.

“Nanti kita akan launching. KatePay ini nanti bisa berfungsi untuk pembayaran di kantin sekolah. Sehingga orang tua itu bisa mengontrol mereka (anak-anak) beli apa saja,” kata Rini Indriyani, Selasa (26/7/2022).

Tak hanya itu, Bunda Rini juga menyebut, melalui sistem pembayaran KatePay, para orang tua akan lebih mudah mengontrol anaknya membeli jajan apa saja. Bahkan dalam sehari, nominal uang yang dikeluarkan sang anak pun dapat dikontrol melalui KatePay.

“Misal anak itu pulang sekolah dalam keadaan gatal-gatal atau batuk, maka ketahuan beli apa tadi anak tersebut. Jadi kartu ini bukan hanya sekadar kartu, tapi ada unsur edukasi bersama,” papar dia.

Lebih jauh lagi, Bunda Rini yang juga Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Surabaya itu menjabarkan, bahwa KatePay ini juga menjadi salah satu upaya pemkot dalam melatih anak-anak mengatur literasi keuangan. Bagaimana anak-anak ketika membelanjakan uang jajannya itu dapat lebih terkontrol.

“Ketika nanti naik Surabaya Bus juga bisa menggunakan kartu KatePay ini. Sehingga anak itu akan merasa bertanggungjawab kepada dirinya sendiri,” tuturnya.

Sebelumnya, SD Negeri Asemrowo 1 dan SMP Negeri 42 Surabaya telah dijadikan pilot project yang menerapkan pembayaran KatePay. Dengan adanya launching sistem pembayaran tersebut, maka penerapan KatePay akan lebih meluas ke SD – SMP di Surabaya.

“Ini juga menjadi pembelajaran bagi anak-anak, mengenai manajemen prioritas. Kita kenalkan sejak dini, agar mereka terbiasa. Harapannya, ketika dewasa mampu mengedepankan prioritas,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Yusuf Masruh.

Di waktu terpisah, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya, Agus Imam Sonhaji menjelaskan, dengan KatePay anak-anak pemegang KIA dapat menggunakannya untuk membeli jajanan di kantin sekolah. Juga dapat digunakan untuk pembayaran Surabaya Bus, Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, Kebun Binatang Surabaya (KBS), toko buku hingga mitra lainnya.

“Caranya yakni dengan terlebih dahulu melakukan Top Up atau isi ulang oleh orang tua melalui aplikasi KatePay,” tandasnya. (hsa)