Semangat sehat dan ceria dari Komunitas Survivor Kanker Payudara Surabaya dalam Merayakan Bulan Peduli Kanker Payudara

57 views
RS Onkologi Surabaya
Sehat dan Ceria bersama Komunitas Survivor Kanker Payudara Surabaya (foto : RSOS)

Surabaya, hariansurabaya.com – Setiap bulan Oktober selalu diperingati sebagai breast cancer awareness month atau bulan peduli kanker payudara. Campaign tahunan yang dirayakan secara internasional sejak tahun 1985, diselenggarakan sebagai kemitraan antara American Cancer Society dan divisi farmasi Imperial Chemical Industries.

Berdasarkan informasi yang didapat dari website American Cancer Society tentang “A Brief History of Breast Cancer Awareness Month”, diketahui bahwa tujuan awal bulan peduli kanker payudara adalah untuk mengedukasi para wanita tentang kanker payudara. Campaign tersebut mengajak para wanita agar mau melakukan deteksi dini dengan mammografi sebagai alat penting yang digunakan dalam mendeteksi dini adanya kanker payudara.

Dari latar belakang tersebut, RS Onkologi Surabaya sebagai rumah sakit yang memiliki pelayanan unggulan yaitu pusat penanganan kanker payudara terpadu, setiap bulan Oktober turut memperingati bulan peduli kanker payudara. Pada 02 oktober 2022, RS Onkologi Surabaya bersama dengan komunitas survivor kanker payudara Surabaya (Reach to Recovery Surabaya/RRS) menyelenggarakan senam dan line dance bersama survivor kanker payudara Surabaya. Acara ini merupakan acara pembuka dalam serangkaian kegiatan yang akan diadakan RS Onkologi Surabaya selama bulan Oktober.

Acara diawali dari sambutan yang disampaikan oleh drg. Endang Widoretno, MM selaku
ketua komunitas RRS dan dr. Ario Djatmiko, FICS sebagai founder RS Onkologi Surabaya.

“Dalam rangka memperingati bulan peduli kanker payudara, kita mengadakan senam dan line dance bersama. Tujuannya supaya ibu-ibu bisa lebih sehat dan ceria karena selama 2 tahun saat pandemi kita tidak bisa senam bersama sama sekali”, jelas drg. Endang Widoretno.

Hal yang sama diungkapkan dr. Ario Djatmiko, FICS, “Moment olahraga dengan senam bersama seperti ini mungkin hal yang biasa bagi orang lain, tetapi buat saya sangat istimewa. Karena setelah dua tahun akhirnya bisa berkumpul dan senam bersama kembali dengan ibu-ibu yang amat saya sayangi ini”.

RS Onkologi Surabaya
Para Survivor Kanker Payudara semangat mengikuti senam dan line dance (foto : ist)

Para peserta cukup antusias dan semangat dalam mengikuti senam dan line dance. Bisa dimakhlumi karena lebih dari 2 tahun tidak ada kegiatan sama sekali. Padahal ketika ada ajang bertemu, mereka bisa saling bercerita yang membangkitkan semangat dan saling mendukung satu sama lain.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan acara inti yaitu senam dan line dance bersama. Dengan yel-yel “RRS – sehat ceria, RSOS – selalu dihati” yang semakin menambah semangat ibu-ibu survivor mengikuti senam dan line dance bersama selama jam 06.30 sampai 08.30 di halaman RS Onkologi Surabaya.

Kegiatan diakhiri dengan pembagian doorprize dan joget bersama dengan lagu Gemufamire.(ac/ist)