OJK Tetapkan Ijin Usaha Bank Umum PT Prima Master Bank Menjadi BPR Imbas Tak Penuhi Modal Inti Rp 3 T

30 views
OJK Tetapkan Ijin Usaha Bank Umum PT Prima Master Bank Menjadi BPR Imbas Tak Penuhi Modal Inti Rp 3 T
OJK Tetapkan Ijin Usaha Bank Umum PT Prima Master Bank Menjadi BPR Imbas Tak Penuhi Modal Inti Rp 3 T (foto : ist)

hariansurabaya.com | SURABAYA – Dari 37 Bank Umum Swasta Nasional (BUSN) dan bank milik Pemerintah Daerah yang memiliki modal inti kurang dari Rp3 triliun, sejumlah bank telah melakukan tambahan setoran modal, pembentukan Kelompok Usaha Bank (KUB), penggabungan, pengambilalihan, maupun mengundang mitra strategis.

Direktur Humas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Darmansyah mengatakan, hal tersebut berdasarkan pemantauan OJK terhadap Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 12/POJK.03/2020 tentang Konsolidasi Bank Umum terkait pemenuhan modal inti minimum (MIM) Rp3 triliun.

Secara umum BUSN telah memenuhi MIM sebelum 31 Desember 2022, kata Darmansyah. Hanya terdapat satu BUSN yang belum memenuhi MIM sampai batas waktu sebagaimana diatur dalam ketentuan, lanjut dia, yaitu PT Prima Master Bank.

“Dan sesuai POJK, bank yang tidak memenuhi ketentuan pemenuhan MIM sampai batas waktu 31 Desember 2022, OJK akan menetapkan perubahan izin usaha Bank Umum menjadi BPR,” ungkapnya.

Oleh karena itu, masih menurut Darmansyah, Rapat Dewan Komisioner OJK pada 4 Januari 2023 telah menetapkan perubahan izin usaha Bank Umum menjadi BPR terhadap PT Prima Master Bank.

“Ini merupakan konsistensi OJK dalam mengawal kebijakan penguatan permodalan dan konsolidasi perbankan sehingga dapat meningkatkan kontribusinya dalam pertumbuhan ekonomi nasional,” tandasnya.

Perubahan izin usaha Bank Umum menjadi BPR tersebut ditetapkan setelah OJK melakukan pengawasan dan pembinaan, termasuk memberikan waktu yang cukup kepada pemegang saham dan pengurus PT Prima Master Bank untuk menentukan strategi pemenuhan MIM, baik melalui tambahan setoran modal maupun konsolidasi.

OJK senantiasa menekankan pentingnya pemegang saham pengendali dan pengurus mempunyai integritas, kompetensi dan kelayakan keuangan, sehingga industri perbankan diharapkan mampu menjaga kepercayaan masyarakat, menghadapi tantangan serta berkontribusi dalam perekonomian nasional.

Dengan adanya perubahan izin usaha PT Prima Master Bank menjadi BPR tersebut, seluruh nasabah dan masyarakat masih tetap dapat melakukan transaksi perbankan serta simpanan masyarakat tetap dijamin LPS sesuai ketentuan yang berlaku.

Penetapan ini juga merupakan realisasi penegakan ketentuan sebagaimana telah disampaikan dalam siaran pers nomor SP 02/DHMS/OJK/I/2023 pada 2 Januari 2023 mengenai “OJK Dukung Peningkatan Peran Sektor Jasa Keuangan Selama 2022 dan Perkuat Daya Tahan Serta Integritas Pada 2023”.

Kedepannya OJK akan terus melakukan penguatan permodalan, kinerja, dan konsolidasi perbankan termasuk pemenuhan MIM sebesar Rp3 triliun bagi bank milik Pemerintah Daerah paling lambat 31 Desember 2024 sebagaimana POJK, dan sebesar Rp6 miliar bagi BPR dan BPRS masing-masing paling lambat 31 Desember 2024 dan 31 Desember 2025 sebagaimana tertuang dalam POJK Nomor 5/POJK.03/2015 dan POJK Nomor 66/POJK.03/2016.(ac)