Tinjau Stasiun Gubeng, Cak Ji ajak warga manfaat transportasi Publik

13 views
Tinjau Stasiun Gubeng , Cak Ji ajak warga manfaat transportasi Publik
Tinjau Stasiun Gubeng , Cak Ji ajak warga manfaat transportasi Publik

hariansurabaya.com | SURABAYA – Tercatat sebanyak 14.511 pemudik menggunakan kereta api yang berangkat dari stasiun Gubeng dan stasiun Pasar Turi pada hari sabtu (15/4/2023). Diprediksi puncak arus mudik moda angkutan kereta api terjadi pada H-3 lebaran 2023 atau 19 April 2023.

Berdasarkan data PT KAI Daop 8, tren peningkatan penumpang sudah mulai terlihat. Pada 12 April tercatat 9.700 penumpang, sementara 13 April 10.500 penumpang yang telah berangkat dari stasiun Gubeng dan Pasar Turi.

Terhitung pada 13 April 2023 sudah ada 436.911 tiket kereta jarak jauh yang terjual, sebanyak 76 persen dari total 575.883 tiket KA jarak jauh terjual. pemesanan arus balik di prediksi terjadi pada 24, 25 dan 26 April 2023.

Wakil Walikota Surabaya Armuji yang meninjau stasiun Gubeng menghimbau agar para pemudik memanfaatkan transportasi publik baik kereta api maupun kapal.

“Kalau menggunakan transportasi publik lebih aman dan nyaman dan tentunya bebas macet. Apalagi jarak yang ditempuh jarak jauh. Saya tidak ingin warga Surabaya membahayakan diri berkendaraan jarak jauh dengan muatan berlebihan. Jadi lebih baik gunakan transportasi publik”, saran Armuji.

Didampingi Perwakilan KAI Daop VIII dan Dishub Kota Surabaya, Cak Ji mengecek sejumlah lokasi di stasiun Gubeng kota Surabaya dan berinteraksi dengan penumpang kereta Sancaka yang di jadwalkan berangkat pukul 09.00 WIB .

“Kami minta agar pelayanan lebih optimal apalagi di musim arus mudik hingga arus balik. Kita semua berkewajiban agar warga dapat terlayani dengan baik.” pungkas Cak Ji.

Saat pemberangkatan, Cak Ji bersama personil Daop VIII memberikan salam penghormatan khas PT KAI pada saat gerbong kereta berangkat. Terlihat Cak Ji berjejer dengan petugas tampak melipat tangan kanan didepan dada sambil sedikit menunduk. Gestur itu dilakukan selama satu menit hingga gerbong terakhir melewati mereka.(ac)