Penyelenggaraan GIIAS Ke-30 Hadirkan Lebih Banyak Peserta dengan Merek, Mobil dan Teknologi Baru

68 views
Penyelenggaraan GIIAS Ke-30 Hadirkan Lebih Banyak Peserta dengan Merek, Mobil dan Teknologi Baru
Penyelenggaraan GIIAS Ke-30 Hadirkan Lebih Banyak Peserta dengan Merek, Mobil dan Teknologi Baru

hariansurabaya.com | JAKARTA – Penyelenggaraan GIIAS The Series 2023 akan dimulai dengan GIIAS di BSD-CITY, Tangerang pada 10-20 Agustus 2023. Apa yang berbeda pada penyelenggaraan pameran otomotif berskala internasional di tahun ini? Tahun ini akan menjadi penyelenggaraan pameran GAIKINDO ke 30, sejak pertama kali diinisiasi pada tahun 1986 lalu. Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi, mengungkap tahun ini GIIAS menjadi tonggak sejarah bagi GAIKINDO.

“Penyelenggaraan pameran otomotif GAIKINDO telah berjalan selama 30 kali tahun ini, selama itu juga, GAIKINDO telah menampilkan berbagai pencapaian industri otomotif Indonesia, karya-karya anak bangsa kepada masyarakat Indonesia. Kedepannya GAIKINDO akan terus menampilkan masa depan industri otomotif lewat penyelenggaraan GIIAS,” tutur Nangoi.

Industri otomotif Indonesia sudah pulih, dan saat ini mencatat pencapaian yang bahkan lebih baik dari sebelum masa pandemi, dan GIIAS selalu menjadi pameran yang mencerminkan pencapaian terbaik dari industri otomotif Indonesia. Menjadi benchmark teknologi dan produk otomotif di Indonesia, kali ini GIIAS akan menghadirkan lebih banyak model kendaraan dari merek kendaraan penumpang, komersial, dan juga karoseri, yang menggunakan area pamer yang lebih luas dari penyelenggaraan sebelumnya.

“Tahun ini GIIAS akan hadir secara komprehensif, dalam arti mencakup merek yang lebih banyak dan lebih lengkap, sehingga bisa dipastikan akan lebih banyak model dan teknologi baru yang akan diperkenalkan pada GIIAS, buat industri ini menjadi sinyal yang sangat positif,” ujar Nangoi.

Menurutnya dengan penyelenggaraan GIIAS 2023, angka yang dicapai pada tahun 2022 lalu, termasuk kenaikan angka ekspor sejumlah 60% akan terus naik, mengejar target ekspor mobil utuh (completely built up, CBU) mencapai satu juta unit pada 2025.

Nangoi juga menegaskan, bukan tanpa alasan mengusung tema GIIAS 2023, FUTURE NOW, menurutnya, tema tersebut adalah representasi masa depan industri otomotif Indonesia, kesiapan Indonesia memasuki era kendaraan listrik.

“Edukasi dan informasi tentang kendaraan listrik masih menjadi fokus industri otomotif Indonesia dan GIIAS tahun ini, dengan demikian GAIKINDO terus mendukung percepatan industri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang diusung pemerintah, Kami yakin edukasi dan informasi konstan dari GIIAS untuk masyarakat, industri KBLBB akan lebih cepat tercapai,” jelasnya.

Pemerintah Indonesia sendiri mentargetkan industri dalam negeri dapat memproduksi kendaraan listrik sebanyak 600 ribu unit, hingga tahun 2030.

Konsisten Jadi Ajang Perkenalan Merek dan Mobil Baru

GIIAS adalah teknologi, dan menjadi sebuah kebanggaan untuk GAIKINDO bahwa dalam kurun waktu delapan tahun kebelakang, GIIAS menjadi ajang peluncuran bagi lebih dari 250 perkenalan produk kendaraan, yang diantaranya adalah 9 kendaraan world premiere. GIIAS juga telah memperkenalkan teknologi otomotif masa depan lewat kehadiran lebih dari 60 mobil konsep. Catatan pada penyelenggaraan GIIAS ini menunjukkan bahwa Indonesia adalah bagian penting dari industri otomotif dunia.

Pameran otomotif internasional ini selalu menghadirkan merek-merek kelas dunia, juga menjadi pilihan merek otomotif baru memperkenalkan diri kepada masyarakat Indonesia. GIIAS 2023 diikuti lebih banyak merek, total lebih dari 30 merek akan mendukung pameran tahun ini, mulai dari Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan penumpang, yakni; Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Mazda, Mercedez-Bens, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Subaru, Suzuki, Tank, Toyota, VW, Wuling, dan dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, dan UD Trucks. Tiga merek Karoseri juga hadir pada GIIAS 2023, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem. Empat belas APM Sepeda Motor juga akan hadir di GIIAS 2023; Astra Honda Motor, Aprilia, Benelli, Exotic, Harley Davidson, Ion Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, Vespa. Lebih dari 100 merek peserta dari industri pendukung juga telah memastikan siap berpartisipasi dalam penyelenggaraan GIIAS 2023 The Series.

Baca juga : Penyelenggaraan GIIAS Ke-30 Hadirkan Lebih Banyak Peserta dengan Merek, Mobil dan Teknologi Baru

“Antusiasme peserta sangat luar biasa, GIIAS tahun ini diikuti lebih banyak merek, dengan area lebih besar. Bocoran sedikit, infonya banyak launching mobil baru yang akan dihadirkan pada GIIAS tahun ini. Ada merek baru yang sudah bergabung, dan masih ada beberapa merek yang dalam proses kepesertaan, melihat perkembangannya kami optimis pameran tahun ini akan menjadi GIIAS dengan jumlah merek terbanyak.” ungkap Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO.

Pada penyelenggaraan ke 30 ini, GIIAS 2023 terus mendorong program terobosan untuk memberikan edukasi dan stimulasi langsung tentang teknologi dan inovasi kendaraan masa depan untuk para pengunjung. “Tahun ini GIIAS akan menghadirkan program-program edukasi dan simulasi otomotif seru untuk para pengunjung, kami mempersiapkan test drive dan test ride yang akan tampil beda,” jelas Rizwan. Menurutnya khusus untuk kendaraan listrik masyarakat akan dapat membuktikan secara langsung kekuatan kendaraan dengan new experience test drive di GIIAS 2023.

Astra Financial kembali hadir sebagai platinum sponsor GIIAS 2023 bersama FIFGROUP, Astra Credit Company, Toyota Astra Financial, Asuransi Astra, Astra Life, Astra Pay, dan MauCash, MOXA, dan SEVA. Selain Astra Financial, GIIAS 2023 juga mendapatkan dukungan Powered by Pertamina, Mobbi sebagai Official Trade in Partner serta sponsor lainnya GT Radial, JKIND, Protera, AHM, dan Superchallenge.(ac)