Mendorong Pertumbuhan Baru di Sektor E-Commerce dengan Huawei Cloud

20 views
Mendorong Pertumbuhan Baru di Sektor E-Commerce dengan Huawei Cloud
Mendorong Pertumbuhan Baru di Sektor E-Commerce dengan Huawei Cloud

hariansurabaya.com | JAKARTA – Huawei resmi membuka gelaran Huawei Cloud E-commerce Summit pada tanggal 31 Mei 2023 di Jakarta, Indonesia, dengan mengusung tema “Mendorong Pertumbuhan Baru di Sektor E-Commerce Dengan Huawei Cloud”, dihadiri oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) serta lebih dari 100 perusahaan e-commerce, layanan pembayaran, dan logistik.

Dalam acara tersebut, Huawei Cloud bersama mitra-mitranya mengadakan diskusi mendalam seputar topik perkembangan e-commerce di Indonesia di masa depan serta berbagai peluang baru yang dihadirkan oleh teknologi cloud. Bersama-sama, diluncurkan rangkaian solusi E2E dan praktik terbaik untuk pembuatan situs web e-commerce, akusisi pengguna, penempatan pesanan selama masa promosi, serta terkait logistik & distribusi.

Baca juga : Huawei Gelar Indonesia IP Club 2023, Pamerkan Produk dan Solusi Jaringan Termutakhir

Dalam konferensi e-commerce ini, para pimpinan industri, eksekutif dari berbagai perusahaan, dan pakar teknis menyampaikan pandangan mereka melalui pidato yang mengesankan.

Budi Primawan, Wakil Ketua idEA, berbicara tentang perkembangan e-commerce di Indonesia. Ia berpendapat bahwa Indonesia memiliki potensi pasar yang luar biasa besar, didorong oleh jumlah penduduk yang besar dan tingkat pertumbuhan yang tinggi. Budi Primawan yakin bahwa untuk mencapai pertumbuhan yang lebih tinggi, perusahaan-perusahaan e-commerce perlu memanfaatkan teknologi digital cloud untuk mendongkrak daya saing e-commerce dari aspek “orang”, “barang”, dan “saluran”.

Dalam situasi seperti ini, Huawei Cloud memiliki sejumlah solusi. James Tan, Solution and Sales Director, Huawei Cloud APAC, mengatakan bahwa “Solusi e-commerce yang dihadirkan Huawei Cloud bertujuan untuk membantu pelanggan di sektor e-commerce mencapai tingkat pertumbuhan baru. Kami telah membantu IDOL GROUP untuk memperoleh wawasan 360° – menyeluruh – terhadap kelompok-kelompok konsumen sehingga mereka dapat meningkatkan efisiensi strategi penjangkauan pelanggan, mendukung VMALL dalam membangun platform yang dinamis, lincah dan elastik guna menciptakan pengalaman pengguna yang fantastis selama periode promosi, serta membantu CARRO mengembangkan sejumlah model inovatif untuk meningkatkan angka konversi pelanggan.”

Dengan dukungan Huawei Cloud, banyak pelaku e-commerce yang telah berhasil mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya melalui penggunaan teknologi digital berbasis cloud. Berbekal teknologi AI dari Huawei Cloud, CARRO telah mengembangkan berbagai model yang inovatif.

Bryan Tan, Chief Datascientist di CARRO Group sekaligus CEO CARRO Indonesia, menjelaskan “CARRO mengembangkan model inovatif “160 Point Inspection” berbasis AI Huawei Cloud, yang sukses memangkas waktu proses pendeteksian mutu mobil hingga 80%. Dengan cara ini, kami dapat melakukan inspeksi mobil secara lebih akurat, terotomatisasi sepenuhnya, lebih cepat, menyeluruh, dan lebih profesional.”

Layanan cloud native dari Huawei Cloud juga telah membantu SIRCLO meningkatkan
kapabilitas pembangunan situs web omnichannel.

Muliadi Jeo, CTO SIRCLO mengatakan, “Guna memperkuat kapabilitas SIRCLO dalam aktivasi dan operasional niaga omnichannel, kami berkolaborasi dengan Huawei Cloud untuk mengeksplorasi berbagai inovasi mutakhir, seperti mesin pencarian generasi terbaru, layanan pelanggan virtual dengan tingkat presisi tinggi, serta kecerdasan buatan atau AI.”

Dalam kasus lain, big data e-commerce yang disediakan Huawei Cloud telah memungkinkan SiCepat menyempurnakan operasi logistik dan meningkatkan efisiensi.
SiCepat, yang merupakan salah satu perusahaan logistik ekspres terkemuka di
Indonesia, telah merasakan manfaat dari dukungan Huawei Cloud.

Reska Donaga, VP of Product, SiCepat Ekspres Indonesia menegaskan, “SiCepat berkomitmen untuk menggunakan teknologi digital guna mengoptimalkan pengalaman pengguna dan meningkatkan layanan. Kami berkomitmen untuk menghadirkan produk yang lebih baik serta mengoptimalkan operasional, pengiriman, dan infrastruktur. Kami ingin menjadi mitra jasa pengiriman nomor satu bagi jutaan UMKM di seluruh Indonesia.”

Sebagai sebuah perusahaan teknologi global, Huawei Cloud telah bekerja sama dengan mitra e-commerce di seluruh dunia untuk membangun sebuah ekosistem e-commerce yang mampu meruntuhkan batasan-batasan antar setiap proses bisnis. Tim layanan global Huawei juga senantiasa siap membantu pelanggan e-commerce untuk
mengalihkan layanan mereka ke cloud.

Berbagai momen mengesankan tercipta dalam gelaran konferensi tersebut. Di sesi diskusi panel, dengan Budi Primawan sebagai moderator, sejumlah perwakilan pelanggan bersama eksekutif Huawei Cloud terlibat dalam diskusi mendalam mengenai tren perkembangan e-commerce serta bagaimana Teknologi Cloud dapat berkontribusi.

Di akhir konferensi, virtual human dari Huawei Cloud, Sara, mengumumkan peluncuran proyek Joint Innovation Camp. Para eksekutif Huawei Cloud, idEA, dan Lazada turut hadir dalam acara peluncuran itu. Joint Innovation Camp menawarkan sebuah platform untuk eksplorasi berbagai tren dalam industri, berbagi pengalaman manajemen, serta untuk meningkatkan pemahaman teknis.

Baca juga : Huawei Prakarsai Aliansi Jalan Raya, Jalan Air dan Pelabuhan Se-Asia Pasifik

Ke depan, Huawei Cloud akan meningkatkan investasi untuk riset dan pengembangan,
guna mempertahankan keunggulan inovasinya dalam industri e-commerce, serta akan
bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan Indonesia untuk mendorong pertumbuhan baru di sektor e-commerce dan mendukung perkembangan industri e-commerce Indonesia secara stabil dan sehat.(rls)