Target Juara Umum di Pornas XVI KORPRI, Gubernur Khofifah Pesan Junjung Tinggi Sportivitas dan Semangat Seduluran

30 views
Target Juara Umum di Pornas XVI KORPRI, Gubernur Khofifah Pesan Junjung Tinggi Sportivitas dan Semangat Seduluran
Target Juara Umum di Pornas XVI KORPRI, Gubernur Khofifah Pesan Junjung Tinggi Sportivitas dan Semangat Seduluran

hariansurabaya.com | SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menargetkan Jawa Timur bisa meraih Juara Umum dalam gelaran Pekan Olahraga Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia ke 16 (PORNAS XVI KORPRI) Tahun 2023 yang berlangsung mulai tanggal 13-23 Juli 2023 di Jawa Tengah.

Optimisme dengan semangat itu disampaikan Gubernur Khofifah saat melepas kontingen Pornas Korpri Ke-16 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (13/7/2023).

“Kami berharap para ASN Jawa Timur bisa meraih medali sebanyak-banyaknya dalam ajang Pornas KORPRI tahun ini. Meraih juara umum itu harus diperjuangkan dengan maksimal, tapi yang lebih penting dari itu adalah tetap junjung tinggi sportivitas guyub rukun seduluran,” ungkap Gubernur Khofifah.

Ditegaskan Gubernur Khofifah, atlet-atlet yang dikirim ke Pornas ini merupakan ASN terbaik dari yang terbaik, yang ditugaskan untuk bertanding dengan membawa nama Jawa Timur.

Sebagai informasi, kontingen Jatim dalam PORNAS XVI KORPRI Tahun 2023 ini berjumlah 133. Yang terdiri dari 108 orang atlet, 22 orang official, serta tim kesehatan (fisioterapis) sebanyak 3 orang yang merupakan kolaborasi DP Korpri Provinsi dan DP Korpri Kab/Kota se-Jatim.

Lebih lanjut mantan Menteri Sosial ini juga menyampaikan kesempatan ini adalah momentum untuk saling mempererat kekeluargaan dan juga silaturahmi antar ASN dari berbagai daerah di Indonesia. Oleh karenanya, Khofifah berpesan untuk junjung tinggi sportivitas.

“Bawalah semangat Bhineka tunggal ika. Selamat jalan, selamat berlaga bawa pulang medali emas sebanyak-banyaknya,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jawa Timur selaku Dewan Pengurus Korpri Jatim Adhy Karyono menyampaikan bahwa seluruh kontingen Jatim akan berlaga memperebutkan 10 cabor yang dipertandingkan.

Yaitu Bulu Tangkis, Catur, Senam KORPRI, Tenis Lapangan Putra, Tenis Meja, Basket, Futsal, Gate Ball, Balap Sepeda dan Voli. Ekshibisi ini akan memperebutkan 54 medali emas, 54 medali perak dan 71 medali perunggu.

“Yang istimewa adalah, diantara atlet yang mewakili Jatim ini adalah pejabat struktural yaitu Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Direktur RSUD Dr Soetomo Surabaya, Sekda Kota Blitar dan Kepala Dinas Pengairan Kabupaten Banyuwangi,” tegasnya.

Adapun peserta Pornas terkonfirmasi sejumlah 100 kontingen yang berasal dari 6 Provinsi seluruh Indonesia, 27 Kementerian dan 37 Lembaga RI. Tercatat sebanyak 4.527 atlet, 564 pelatih dan 671 official yang telah terdaftar.

“Kami junjung tinggi sportivitas dan kami akan bertanding semaksimal mungkin. Kami bertekad untuk membawa pulang piala Juara Umum ke Jatim,” kata Adhy.(ac)