Jatim Fest Semarakkan Hari Jadi ke-78, Gubernur Khofifah Ingin Jadi Ajang Penggerak Ekonomi Sekaligus Rekreasi Rakyat

12 views
Jatim Fest Semarakkan Hari Jadi ke-78, Gubernur Khofifah: Jadi Ajang Penggerak Ekonomi Sekaligus Rekreasi Rakyat
Jatim Fest Semarakkan Hari Jadi ke-78, Gubernur Khofifah: Jadi Ajang Penggerak Ekonomi Sekaligus Rekreasi Rakyat

hariansurabaya.com | SURABAYA – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke – 78 Provinsi Jatim, Pemprov Jatim bersama PT Debindo Mitra Tama kembali menyelenggarakan event pameran dagang tahunan terbesar di Jawa Timur.

Event yang sudah berlangsung sejak tahun 2010 – 2022 (13 tahun) dan dikenal dengan nama “Jatim Fair”, pada tahun 2023 berganti nama menjadi Jatim Fest. Dengan mengusung tagline “Pesta Belanja, Hiburan & Rekreasi Rakyat Jatim” dan tema “Jatim Bangkit Terus Malaju” pameran akan berlangsung 5 hari mulai Kamis 4 Oktober hingga Minggu, 8 Oktober 2023 di Jatim Expo Surabaya. Mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB terbuka untuk umum dan gratis.

Terkait hal ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pergantian nama dari “Jatim Fair” menjadi “Jatim Fest” diharapkan dapat memberikan perspektif dan semangat baru. Sehingga, pameran dagang terbesar Jatim ini bisa menjadi ajang menggerakkan roda perekonomian sembari memberikan hiburan untuk masyarakat.

“Jatim Fair sudah kita lakukan sejak 2010, sudah lebih dari satu dekade. Jatim Fest ini memberikan fresh start, diharapkan ini menjadi penggerak ekonomi yang lebih besar sekaligus sebagai sarana rekreasi rakyat,” terangnya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (4/10).

Gelaran Jatim Fest, kata Khofifah, juga merupakan usaha pemerintah menjaga kestabilan ekonomi, utamanya untuk meningkatkan PDRB Jatim. Dimana, berdasarkan data yang ada PDRB Jatim pada triwulan II tahun 2023 berkontribusi sebesar 14,45% pembentuk Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dan berkontribusi sebesar 25,23% PDRB Pulau Jawa.

“Sedangkan pertumbuhan ekonomi Jatim pada TW II tumbuh secara impresif sebesar 2,66% (q-to-q) dan tertinggi di Pulau Jawa,” katanya.

Khofifah menambahkan, kinerja ekonomi Jatim dari supply side ditopang oleh 3 sektor lapangan usaha. Dan salah satunya adalah Sektor Perdagangan yang berkontribusi sebesar 19,13% dalam pembentukan PDRB Jawa Timur dan serapan 19,07% tenaga kerja atau 4,27 juta orang.

Tak hanya itu, acara ini merupakan bentuk dukungan Pemprov Jatim bagi para pelaku UMKM dengan memberikan fasilitasi untuk mempromosikan produk-produk unggulannya. Hal ini cukup beralasan karena Koperasi dan UMKM merupakan backbone ekonomi kerakyatan atas kontribusi nilai tambahnya sebesar 58,36% pada PDRB tahun 2022.

“Kami berharap, momentum Jatim Fest 2023 menjadi landasan bagi UMKM Jatim untuk bangkit kembali, meningkatkan daya saing, memperluas akses pemasaran dan pada akhirnya dapat menjadi alternatif percepatan pemulihan ekonomi Jatim,” harapnya.

Sementara untuk hiburan, Gubernur Khofifah menjelaskan, Jatim Fest mempunyai konsep baru dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dimana, akan tersedia fasilitas playground area wahana permainan anak, stand kuliner yang dapat dinikmati di tempat, sampai doorprize dengan grand prize paket umrah.

“Dan juga akan ada konser musik dan gelar seni daerah Jatim, talkshow kuliner Jatim, sharing session pelaku UKM di Jatim, workshop kerajinan hingga Jatim Bersholawat. InsyaAllah ini akan lebih seru dari sebelumnya,” katanya.

Untuk itu, Gubernur Khofifah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut hadir menyemarakkan dan memanfaatkan berbagai layanan publik yang ada di Jatim Fest. Antara lain cek kesehatan gratis, layanan Adminduk Capil, layanan pajak kendaraan dan samsat, layanan perizinan, layanan konsultasi produk, layanan cek body fit, dan masih banyak lainnya.

“Ini dalam rangka peringatan Hari Jadi Jawa Timur. Masyarakat sudah sepatutnya bergembira dan merayakan potensi daerah yang kita miliki. Jadi mari datang ke Jatim Fest dan ikut semarakkan event pameran dagang terbesar ini,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Jatim Fest 2023 akan diikuti 88 peserta Mereka menempati 190 stand, yang terdiri dari satu kementerian, 28 OPD Provinsi Jawa Timur, 10 BUMN/BUMD/Lembaga Tinggi Negara, 12 kabupaten/kota Jawa Timur, lima BLUD, dan 32 pihak swasta.

Selain layanan publik juga akan dipamerkan antara lain furniture & craft, produk kulit, fashion, peralatan rumah tangga, makanan dan minuman, produk kelautan, perikanan, dan pertanian, energi sumber daya mineral, bursa wisata, online / kosmetik dan herbal, industri kesehatan, dan lain-lain.

Sementara, untuk tiket konser musik regular berbayar Rp. 80.000 dan dapat dibeli secara online melalui aplikasi Blibli. Dengan guest stars antara lain Coldiac, Stars & Rabbit, Bagindas & Fake Dopp.(ac)