International Day Kembali Hadir, Pamerkan Dua Negara

10 views
Ki-Ka: Jiang Siyu, Jiang Minwei, He Mingzi menunjukkan makanan 手撕鸡 (ayam suir) dan telur teh (foto : ist)
Ki-Ka: Jiang Siyu, Jiang Minwei, He Mingzi menunjukkan makanan 手撕鸡 (ayam suir) dan telur teh (foto : ist)

hariansurabaya.com | SURABAYA – Ada pemandangan berbeda kali ini di selasar gedung P kampus Petra Christian University (PCU) hari ini (7/6). Tampak bendera, hiasan hingga makanan dari negara India dan China tersaji dengan cantiknya. Pemandangan ini merupakan rangkaian kegiatan International Day (I-DAY) 2024 di PCU.

“Setelah vakum beberapa saat akibat pandemi, akhirnya kami kembali menggelar kegiatan yang bermanfaat ini. Sebuah acara di mana para mahasiswa PCU dapat menggali informasi sebanyak mungkin informasi mengenai kegiatan internasional dengan cara yang menyenangkan. Bisa saling berinteraksi secara langsung dengan mahasiswa asing yang sedang mengambil studi di kampus,” kata Elisa Christiana, B.A., M.A., M.Pd., selaku Kepala Kantor Kerja Sama dan Urusan Internasional (KUI) yang menginisiasi kegiatan ini.

I-DAY 2024 yang diadakan mulai pukul 10.00-15.00 WIB kali ini mengusung tema “Prepare Your International Journey”. Menurut PIC acara I-DAY 2024, Renny Novemsy Dese, S.S., M.Medcomm., tema ini sengaja dipilih untuk semakin menambah wawasan keberagaman budaya negara lain para mahasiswa PCU.

“Jadi kegiatan ini dapat mempromosikan keberagaman budaya yang ada di dunia, agar nantinya para mahasiswa bisa mempersiapkan diri lebih baik untuk menghadapi dunia yang lebih luas,” tambah Renny.

Beragam kegiatan telah disiapkan. Tak hanya informasi mengenai penguatan global di kampus dan photo contest saja, akan tetapi beberapa mahasiswa asing yang sedang belajar di kampus PCU itu juga menampilkan rangkaian aktivitas.

Misalnya seperti dua mahasiswi India, Manasa Ammaiyappan dan Gayathri Senthilnathan yang menempuh studi di International Business Manajemen (IBM) PCU selama satu semester ini. Lengkap menggunakan pakaian Saree, keduanya akan menampilkan berbagai macam atraksi mulai dari tarian tradisional dan menyuguhkan makanan khas India.

Para mahasiswi India ini membuat Kesari baat, sebuah makanan manis (manisan) di India yang bahannya menggunakan Semolina, gula, ghee, air dan susu. Tak ketinggalan Indian Association Surabaya (IAS Community) memperkenalkan kesenian Mahendi. Sebuah seni melukis di tangan menggunakan tumbuhan Henna.

Tak kalah menarik pula, delapan mahasiswa China yang ikut berpartisipasi dalam acara ini juga memamerkan budayanya dengan apik. Mereka adalah Liang Daran, Deng Ningbin, Jiang Siyu, Jiang Minwei, He Mingzhi, Guo Zexuan, Tan Xiaoyun dan Lu Xiaoying. Para mahasiswa China yang belajar dua semester di Chinese Department itu mengajarkan games pada para pengunjung yaitu 猜灯谜 (tebak lampion) dan 投壶 (panah lempar). Mereka juga menyuguhkan makanan 手撕鸡 (ayam suir) dan telur teh.

Menariknya dalam acara ini juga hadir Perkumpulan Kaligrafi Surabaya untuk mengajarkan Chinese Caligraphy pada para pengunjung. Seru kan? Mari bergabung dan rayakan keberagaman budaya bersama I-DAY 2024.

Sekilas tentang Petra Christian University (PCU), sebuah universitas swasta yang berdiri sejak tahun 1961 bertempat di Surabaya, Indonesia. PCU memiliki fakultas-fakultas yang terkemuka di bidang pendidikan, teknologi, konstruksi, bisnis, kedokteran dan industri kreatif.(acs)