Jatim Provinsi Jujugan Wisnus Paling Populer di Tahun 2023, Khofifah : Yuk Berwisata di Jatim dan Eksplor Keindahannya

15 views

hariansurabaya.com | SURABAYA – Jawa Timur menjadi provinsi tujuan wisatawan lokal paling populer di tahun 2023. Total, ada sebanyak 207,81 juta wisatawan nusantara yang berwisata ke Jatim sepanjang tahun 2023 atau 25 persen dari jumlah total perjalanan wisnus secara nasional.

Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa menegaskan data yang dirilis BPS tersebut menunjukkan bahwa sektor pariwisata Jatim mampu membuktikan kualitasnya yang memang mampu menarik kedatangan wisatawan dengan segala keuggulannya.

“Sektor pariwisata menjadi sektor andalan dalam mendongkar ekonomi masyarakat. Dan kita bersyukur bahwa Jatim menjadi provinsi paling populer dipilih sebagai tujuan berwisata para wisatawan domestik di tahun 2023,” kata Khofifah, Minggu (9/6).

Dijelaskannya banyak deretan destinasi unggulan Jatim. Salah satunya yang paling populer dan menjadi favorit wisatawan adalah Gunung Ijen. Destinasj wisata ini dikenal dengan kawahnya yang memiliki api biru atau blue fire.

Berlokasi di Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, wisatawan bisa menikmati keindahan api biru sebelum pukul 04.00 WIB. Yang istimewa, blue fire yang dimiliki Gunung Ijen ini hanya ada di dua negara di seluruh dunia.

“Berikutnya ada Gunung Bromo yang sangat indah dan memiliki banyak spot foto yang menarik. Mulai dari Bukit Teletubbies, pasir berbisik, spot penanjakan untuk menikmati sunrise, dan juga Gunung Batok. Keindahan sunrise di Gunung Bromo benar-benar mengagumkan dan layak menjadi destinasi yang wajib dikunjungi,” tegas Khofifah yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU ini.

Berlokasi di Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang, Jawa Timur, destinasi ini tidak hanya menarik wisatawan nusantara tapi juga selalu menarik wisatawan mancanegara untuk turut mampir menikmati indahnya Bromo.

Tidak hanya destinasi wisata alam, salah satu tujuan favorit wisatawan domestik terutama di Jatim juga adalah Kota Batu. Dan yang menjadi jujugan utama adalah Jatim Park. Dikatakan Khofifah, destinasi menjadi favorit lantaran menyediakan banyak sekali pilihan wahana rekreasi yang cocok untuk liburan bersama keluarga.

“Di Jatim Park ada berbagai wahana hiburan yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Ada wahana edukasi seperti Batu Secret Zoo, kemudian ada juga museum satwa, serta ada pula Dino Park yang juga jadi favorit,” tegas Khofifah.

Bahkan ia sendiri juga cukup sering menghabiskan waktu liburan di Jatim Park. Terutama dengan mengajak anak-anak dan juga cucu tercinta. Karena tak hanya banyak pilihan wisata hiburan, tapi juga banyak pilihan untuk berwisata edukasi.

Selain itu, masih banyak destinasi unggulan Jatim yang lain. Seperti Taman Nasional Baluran di Kabupaten Situbondo yang menyajikan lanskap alam berupa padang savana yang serupa lanskap Afrika.

Berikutnya juga ada destinasi Air Terjun Tumpak Sewu yang berlokasi di Kabupaten Lumajang. Berbeda dengan air terjun pada umumnya, Tumpak Sewu cukup unik karena berbentuk lebar seperti tirai, karena aliran air Sungai Glidik yang melebar. Tak heran jika banyak orang kemudian menyebut Air Terjun Tumpak Sewu sebagai Niagaranya Jawa Timur.

“Kekayaan destinasi wisata Jatim juga terkenal dengan keindahan lautnya. Salah satu yang bisa dipilih adalah wisata snorkeling di Gili Ketapang yang tak kalah indah,” kata Khofifah.

Di destinasi wisata yang terletak di Probolinggo ini, wisatawan akan menemukan pantai yang cantik dan area snorkeling yang masih dipenuhi ikan-ikan kecil termasuk Ikan Giru yang lucu seperti di film Finding Nemo.

“Jatim sangat kaya dengan berbagai pilihan destinasi wisata unggulan. Sektor ini mari terus kita tingkatkan kualitasnya, agar semakin mendongkrak ekonomi daerah.

Ia berharap untuk destinasi wisata alam, keindahannya harus terus dijaga dan dilestarikan, serta fasilitasnya terus ditingkatkan. Begitu juga yang wisata buatan, semakin bervariasi dan fasilitas yang semakin lengkap pasti akan semakin menarik wisatawan untuk datang,” tegasnya.

“Dengan semakin majunya sektor wisata di Jatim, maka akan semakin sejahtera pula masyarakatnya. Yuk berwisata di Jatim saja, dan eksplor keindahannya,” pungkas Khofifah.(acs)