Pemkot Surabaya Lanjutkan Betonisasi Jalan Dupak Sisi Selatan

9 views
Pemkot Surabaya Lanjutkan Betonisasi Jalan Dupak Sisi Selatan (foto : ist)
Pemkot Surabaya Lanjutkan Betonisasi Jalan Dupak Sisi Selatan (foto : ist)

hariansurabaya.com | SURABAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya melaksanakan pembangunan rigid pavement (betonisasi) Jalan Dupak sisi selatan. Pengerjaan betonisasi Jalan Dupak sisi selatan tersebut dimulai pada akhir Juni hingga September 2024.

Kepala Bidang (Kabid) Jembatan dan Jalan DSDABM Surabaya, Adi Gunita mengatakan, pengerjaan betonisasi Jalan Dupak sisi selatan sudah dimulai sejak 29 Juni 2024. Yakni pengerjaan pada bagian segmen 6 di sisi median jalan setelah perempatan traffic light Jalan Dupak.

“Jadi ini ada betonisasi di Jalan Dupak, kurang lebih sepanjang 1 km. Titik mulainya, nanti dari perempatan traffic light Jalan Dupak ke arah pintu masuk tol itu atau arah Pasar Loak Dupak Rukun,” kata Adi, Senin, (1/7/2024).

Selanjutnya, DSDABM Surabaya akan melanjutkan pengerjaan di segmen 5, yaitu setelah perempatan Jalan Dupak. Di lokasi ini, betonisasi akan dilakukan di dua sisi jalan, yakni bagian utara dan selatan.

“Jadi yang ke arah PGS (Pusat Grosir Surabaya) tepatnya di perempatan besar Jalan Dupak itu. Jadi di sisi utara dan selatan itu juga kita lakukan betonisasi,” ujar Adi.

Adi menjelaskan, betonisasi ini adalah kelanjutan dari perbaikan Jalan Dupak sisi utara yang sebelumnya dilakukan DSDABM Surabaya. Tujuan betonisasi ini adalah untuk menjaga kemantapan jalan di Surabaya utara, khususnya di wilayah Dupak.

Adi menerangkan, pengerjaan betonisasi Jalan Dupak dilakukan secara bertahap. Dalam betonisasi kali ini ada lima segmen pengerjaan, yang pertama adalah segmen 6. Setelah segmen 6 selesai, dilanjutkan ke pengerjaan jalan segmen 7 pada 3 Juli 2024, tepatnya di sisi jalan setelah Jembatan Jalan Dupak Rukun.

Setelah itu, dilanjutkan pengerjaan segmen 4 pada 5 Juli 2024, di Jalan Dupak sisi selatan, tepatnya di sekitar SPBU Shell. Setelah Jalan Dupak sisi selatan selesai, dilanjutkan pengerjaan di segmen 5, tepatnya di sisi utara Jalan Dupak ke arah PGS. Di segmen ini, mulai dikerjakan pada 8 Juli 2024.

Selanjutnya, DSDABM Surabaya akan melanjutkan pengerjaan segmen ke 8 di kawasan Jalan Dupak Rukun setelah Pasar Loak Dupak, tepatnya di sisi samping Tol Dupak, Surabaya. Rencananya, proses betonisasi di segmen ini akan dimulai pada 11 Agustus 2024.

Adi menambahkan, sebelumnya proses pengerjaan betonisasi jalan itu sudah dimulai, pemkot melalui DSDABM telah berkoordinasi dengan jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya dan kepolisian, untuk memberi imbauan rambu-rambu peringatan kepada masyarakat. Tujuannya, agar masyarakat pengguna jalan mengetahui, kalau di kawasan tersebut ada proyek pengerjaan jalan.

Imbauan rambu-rambu peringatan itu juga sudah dipasang di beberapa titik jalan menuju ke arah Jalan Dupak. Rambu pertama, ada di Jalan Tembaan sebelum dan sesudah perempatan traffic light Tugu Pahlawan. Di perempatan traffic light Jalan Dupak sisi selatan, Jalan Demak sisi utara dan selatan, serta di Jembatan Dupak Rukun.

“Memang tidak kita lakukan penutupan, tetapi kita tetap buka satu lajur untuk dilalui kendaraan. Nah, apabila nantinya terjadi bottleneck (kemacetan), maka akan koordinasikan lebih lanjut kepada Dishub dan Satlantas. Jadi menyesuaikan arus lalu lintasnya juga,” pungkasnya. (ist)