Dua Penghargaan BHUN Award 2018 Berhasil Diraih Jasa Marga

160 views

BONTANG – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sebagai salah satu perusahaan yang konsisten memperkenalkan Nusantara pada masyarakat terutama kepada kaum muda, beberapa waktu lalu berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dalam ajang BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) Award 2018.

Penghargaan yang diterima yakni Terbaik Pertama Program Siswa Mengenal Nusantara BHUN tahun 2017 dan Terbaik Kedua untuk Program Bedah Rumah Veteran (BRV) Periode 2015-2017 Kategori 100-200 Rumah.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno yang menyerahkan langsung penghargaan tersebut dan diterima oleh Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani.

Program BHUN yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan konsisten dilakukan oleh BUMN sejak tahun 2015 merupakan upaya mewujudkan peran BUMN sehingga manfaat BUMN bagi masyarakat benar-benar dapat hadir di tengah masyarakat. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi pada BUMN.

Penyelenggaraan Program BHUN 2017 yang dilaksanakan di Provinsi Bali merupakan sinergi BUMN, Jasa Marga-Surveyor Indonesia-Indonesia Tourism Center Development Corporation (ITDC).

Kriteria penilaian BHUN Award dimulai dengan pengumpulan laporan dari masing-masing BUMN. Kemudian, dilanjutkan dengan rekapitulasi self assesment dari seluruh BUMN. Formulasi penilaian juga turut melibatkan pihak eksternal independen.

Program BHUN yang dilaksanakan merupakan wujud sinergi BUMN yang positif antara Jasa Marga-Surveyor Indonesia dan ITDC. Khususnya Program SMN yang menjadi wadah edukasi mengenalkan peran BUMN bagi pembangunan Indonesia khususnya generasi muda. Menariknya program SMN juga mengajak peserta dari difabel, katanya.

Program SMN bertujuan untuk mewujudkan rasa nasionalisme sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan Nusantara. Program yang berlangsung dari tanggal 16 sampai 24 Juli 2017 merupakan program pertukaran pelajar setingkat SMA dan Sederajat, di mana 20 orang siswa terpilih tingkat Provinsi Bali dikirim ke Provinsi Maluku Utara untuk mengikuti kegiatan yang dikelola oleh BUMN lainnya.

Ini saya memegang dua piala. Yang satu adalah piala juara satu Siswa Mengenal Nusantara dan kedua adalah juara kedua Bedah Rumah Veteran. Saya ucapkan terima kasih kepada tim. Piala ini adalah hasil program BHUN tahun 2017 yang dilaksanakan oleh Kementerian BUMN. Kepada Tim PKBL Jasa Marga dan semua tim yang telah terlibat dalam acara ini, saya ucapkan selamat, imbuhnya.

Sebaliknya, Provinsi Bali menerima 20 orang siswa terpilih setingkat Provinsi Maluku Utara untuk mengenal lebih jauh Provinsi Bali dari sisi pendidikan, sosial budaya, pariwisata, dan enterpreneurship.

Selama mengikuti SMN, siswa tinggal di rumah warga di Desa Mas Ubud untuk mempelajari berbagai budaya lokal, seperti tari Bali, seni ukir, seni kuliner Bali dan Subak. Peserta SMN juga mengunjungi lokasi-lokasi wisata dan bersejarah serta pusat pendidikan utama di Bali.

Sementara itu, Program Bedah Rumah Veteran merupakan program pemenuhan tempat tinggal layak untuk Veteran Indonesia sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada mereka. 28 rumah telah dibangun oleh Jasa Marga di Provinsi Sumatera Selatan yang merupakan bentuk sinergi Jasa Marga dengan BUMN PT Pupuk Sriwidjaja Palembang dan PT Indofarma Tbk pada 2015.

Pada 2016 Jasa Marga membangun 40 rumah di Provinsi Sulawesi Utara hasil sinergi dengan BUMN, PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) dan PT Industri Kapal Indonesia (Persero) sedangkan pada 2017 Jasa Marga membangun sembilan rumah di Provinsi  Bali sinergi dengan Surveyor Indonesia- ITDC.

Jasa Marga juga membangun 30 rumah di Sulawesi Selatan pada tahun 2017. Jumlah keseluruhan sebanyak 107 rumah yang dibangun untuk veteran yang tersebar di berbagai provinsi sepanjang tahun 2015 hingga 2017. (indra)