BPJS Siap Cover Ribuan UMKM

214 views

SURABAYA – Acara Silaturahmi BPJS Ketenagakerjaan dihadiri oleh ratusan UKM Mitra Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) yang berasal dari Jabodetabek. Acara tersebut dilaksanakan di Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang.  DBA merupakan yayasan yang didirikan oleh pendiri Astra, William Soeryadjaya pada 1980 dengan filosofi Berikan Kail Bukan Ikan.

Acara yang diselenggarakan atas inisiasi BPJS Ketenagakerjaan Pusat dan YDBA ini merupakan kegiatan kedua yang telah diselenggarakan tahun ini. Sebelumnya, kegiatan telah dilaksanakan untuk UKM Mitra YDBA di Waru, Sidoarjo. Praktisi di bidang Industrial Relation sekaligus Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan, M. Aditya  Warman, MBA dalam kegiatan silaturahmi tersebut akan memberikan sharing mengenai isu-isu industrial relation dengan tema “How to Develop Industrial Relation Peace in Digitalization Era”.

Acara tersebut juga dihadiri perwakilan Manajemen BPJS Ketenenagakerjaan yaitu Deputi Direktur Bidang  Pengelolaan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainudin, Asisten Deputi Direktur Bidang Akun Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Kunto Wibowo, Ketua Pengurus YDBA Henry C. Widjaja dan Sekretaris Pengurus YDBA Ida R. M. Sigalingging.

Deputi Direktur Bidang Pengelolaan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan , Zainudin mengatakan, YDBA yang merupakan anggota Grup Astra patut ditiru dan sebagai contoh, karena tidak hanya memikirkan karyawannya untuk terus berkarya namun memastikan perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi para mitra UMKM binaannya.

“Saat ini secara nasional, total 49.478.334 tenaga kerja sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sedangkan untuk peserta dari sektor pelaku UKM menyumbang sekitar 20 persen. Secara nasional sektor pekerja informal atau usaha kecil mikro masih rendah kepesertaannya dan menjadi tantangan untuk memberi perlindungan jaminan sosial.” tuturnya.

Melalui YDBA, BPJS Ketenagakerjaan dapat mengumpulkan dan memfasilitasi para pelaku UMKM untuk mengetahui lebih jauh tentang BPJS Ketenagakerjaan dan mendorong untuk patuh terhadap aturan termasuk mendaftarkan dengan benar seluruh tenaga kerjanya, upah yang dilaporkan dan juga program yang didaftarkan. Ketua Pengurus YDBA, Henry C. Widjaja menyampaikan, bahwa silaturahmi antara YDBA, UMKM dan BPJS Ketenagakerjaan dapat menambah wawasan dan pengetahuan baru untuk diterapkan ditempat masing-masing.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperdalam informasi UMKM mengenai BPJS Ketenagakerjaan berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah sekaligus mengajak UMKM untuk comply terhadap undang-undang  yang telah dikeluarkan pemerintah. (indra)