Bangun Kesadaran Pencegahan dan Penyembuhan Kanker dengan Self Healing Yoga

170 views

SURABAYA – Adi Husada Cancer Center (AHCC) Surabaya mengajak masyarakat mengikuti kegiatan yoga bersama pada Senin (4/2/2019). Kegiatan ini dalam rangka memperingati World Cancer Day 2019, dilaksanakan di Pool Side Wyndham Hotel, Jalan Basuki Rahmat Surabaya dengan mengusung tema Self Healing with Yoga.

Luluk Widyawati, head marketing Adi Husada Cancer Center menuturkan, AHCC berkomitmen untuk mendukung dalam upaya meningkatkan kesadaran dan mendorong pencegahan kanker.

“Tema self healing dipilih karena setiap orang adalah penyembuh terbaik bagi diri sendiri. Self healing ditujukan sebagai tindakan preventif sebelum datangnya penyakit dan tetap bisa dilakukan sembari melakukan pengobatan medis,” jelas Luluk Widyawati.

Yang menjadi nara sumber sekaligus instruktur adalah dr Astie Young dipl Cidesco CHt MNLP,  sekaligus founder of Metamorphosis (clinic, institute, hypnobirthing Surabaya). Astie Young menuturkan, bahwa yoga sangat bermanfaat untuk menenangkan tubuh. Dengan demikian tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk penyakit kanker.

“Penyakit dapat disebabkan karena pikiran. Kalau bahagia, tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Hal ini salah satunya didapat melalui yoga. Kalau misalnya di tubuh ada bibit kanker, stres akan memicu berkembangnya kanker itu. Yoga juga bermanfaat untuk menghilangkan setres karena menenangkan,” jelasnya.

Dalam yoga, ada sequencing yang disebut centering yang bertujuan untuk menenangkan dan menyelaraskan batin dan raga. Selain itu juga membuat oksigen mengalir ke seluruh bagian tubuh secara maksimal. Yoga dapat dilakukan sendiri di rumah. Namun ada baiknya pernah sekali atau dua kali melalukan bersama instruktur agar dapat melakukan gerakan yang benar.

Kembali mengingatkan tujuan dari Hari Kanker Sedunia adalah kampanye yang dibangun untuk meningkatkan kesadaran terhadap kanker dan mendorong pencegahan, deteksi dan pengobatan kanker. Tujuan utama dari Hari Kanker Sedunia adalah untuk menurunkan angka penyandang dan kematian akibat kanker secara signifikan. (AC)