Spartan Muda, Barisan Generasi Muda Binaan Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad

105 views
Spartan Muda, Barisan Generasi Muda Binaan Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad

hariansurabaya.com | Spartan Muda, Barisan Generasi Muda Binaan Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad

Ngawi – Eksistensi Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad dalam rangka memelihara dan meningkatkan sinergitas di wilayah teritorialnya  tak perlu diragukan lagi. Bahkan kegiatan demi kegiatan pun terus digelar satuan di bawah kendali Danyonarmed 12/Divif 2 Kostrad Letkol Arm Ronald F Siwabessy ini untuk berbaur dan menyatu dengan seluruh komponen yang ada di Kabupaten Ngawi.

Seperti halnya yang terlihat sore ini, melalui kegiatan komunikasi sosial (Komsos) kreatif yang dikemas dalam program Spartan Muda. Bintara jasmani Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad, Sertu Z Sawori menggelar pembinaan terhadap para generasi muda yang ada di kota Ngawi ramah ini, Rabu 25 November 2020.

Saat ditemui dilokasi, Sawori mengatakan Spartan Muda, merupakan program pembinaan bagi generasi muda khususnya di wilayah kabupaten Ngawi yang memiliki cita-cita menjadi  TNI-Polri. Menurutnya, melalui program ini para generasi muda digembleng dengan berbagai pembinaan fisik yang baik dan benar untuk seleksi masuk TNI maupun Polri.

Sementara itu, dihubungi terpisah Danyonarmed 12/Divif 2 Kostrad Letkol Ronald F Siwabessy menjelaskan bahwa program Spartan Muda itu, sengaja digelar dalam rangka memberikan kontribusi aktif terhadap perkembangan generasi muda khususnya di wilayah Ngawi.

Program ini merupakan salah satu komunikasi sosial (Komsos)  kreatif yang dinilai efektif dalam menumbuhkan semangat patriotisme dan nasionalisme anak-anak di wilayah teritorialnya.

Lebih lanjut, Almamater Akademi Militer tahun 2002 ini menambahkan, Spartan Muda tidak hanya sebagai wahana dalam rangka meningkatkan kemampuan fisik semata, melainkan juga melatih mental serta mendidik ketika para generasi muda.

Ronald menilai, pelatihan mental dan kepribadian adalah kunci dalam pembangunan karakter generasi muda yang kuat serta  dilandasi budi pekerti yang luhur.

“Inilah wujud nyata kepedulian satuannya untuk menciptakan generasi muda yang tangguh, sehat dan berkarakter serta memiliki jiwa nasionalisme, patriotisme dan cinta tanah air,” imbuhnya.

“Mereka adalah penerus kami, generasi muda adalah masa depan bangsa ini, oleh sebab itu mempersiapkan mereka menjadi generasi yang lebih baik adalah kewajiban kita sebagai generasi yang lebih tua,” imbuh orang nomor satu disatuan berlambang Cupu Manik ini.

Rio (17), salah satu pemuda yang mengikuti program tersebut mengatakan, jika dirinya sangat antusias dengan digelarnya kegiatan pembinaan oleh pihak Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad itu.

“Memang melelahkan dan cukup menguras banyak stamina, namun  setelah tahu manfaat dan hasil yang dicapai, kami sangat menikmati kegiatan ini,” cetus Rio. (ist)