Buka Sekolah Lansia Tangguh di Kota Pasuruan, Arumi Bachsin : Lansia di Jatim Punya Semangat Produktif dan Bahagia

76 views
Ketua TP PKK Provinsi Jatim, Arumi Bachsin Emil Dardak saat melaunching Sekolah Lansia Tangguh Kota Pasuruan Tahun 2022 di Gedung Kantor Walikota Pasuruan/Pemprov Jatim

Pasuruan, HarianSurabaya.com– Ketua TP PKK Provinsi Jatim, Arumi Bachsin Emil Dardak mengungkapkan bahwa para lanjut usia (Lansia) di Jatim memiliki semangat hidup yang tinggi, produktif, dan bahagia.

Menurutnya, peningkatan jumlah penduduk lansia merupakan salah satu indikasi adanya keberhasilan pembangunan baik di bidang kesehatan, pendidikan, maupun sosial ekonomi suatu masyarakat.

“Sejak tahun 2011, angka harapan hidup di Indonesia telah meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dapat kita jumpai dengan banyaknya jumlah lansia kita yang sehat, mandiri, aktif, dan produktif saat ini,” ujarnya saat melaunching Sekolah Lansia Tangguh Kota Pasuruan Tahun 2022 di Gedung Kantor Walikota Pasuruan, Senin (14/3).

Arumi menambahkan, peran keluarga sangat penting dalam mewujudkan kualitas kehidupan yang baik bagi lansia. Karena keluarga merupakan salah satu support system utama bagi setiap manusia.

Menurut Arumi, pemahaman dan keterampilan yang mumpuni bagi setiap pendamping lansia dalam keluarga akan sangat membantu bagi keluarga itu sendiri maupun lansia didalamnya untuk mencapai tujuh dimensi lansia yang tangguh secara spiritual, emosional, fisik, intelektual, sosial kemasyarakatan, lingkungan, dan profesi-vokasional.

“Para Lansia adalah aset negara. Kalau Lansia aktif dan produktif saya yakin dapat berperan sebagai agen perubahan sekaligus menjadi suport system bagi daerah,” jelasnya.

Di sisi lain, pendidikan juga sangat memengaruhi pola pikir masyarakat untuk dapat hidup lebih sehat. Masyarakat yang teredukasi dengan baik akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik untuk dapat membuat pilihan-pilihan hidup lebih sehat, sehingga akan memperpanjang peluang hidupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua TP PKK sekaligus Bunda Genre Kota Pasuruan, Fatma Saifullah Yusuf mengatakan, berdasarkan, pendataan keluarga Tahun 2021, diketahui jumlah lansia di Kota Pasuruan sejumlah 17.720 jiwa, dengan jumlah total penduduk di Kota pasuruan sejumlah 181.606 jiwa.

Disampaikannya, Sekolah lansia Tangguh ini merupakan salah satu upaya pendidikan informal yang diperuntukkan bagi para lansia. Pendidikan yang dilaksanakan menggunakan pendekatan pendidikan sepanjang hayat di mana pada proses belajar mengajar, akan disesuaikan dengan segala hal terkait peristiwa dalam kehidupan manusia.

Proses belajar mengajar di Sekolah Lansia Tangguh ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan, pelajaran dan pengetahuan yang diberikan sesuai kebutuhan dan membuat bahagia, tidak akan memberikan beban kepada peserta.

“Dengan adanya Sekolah Lansia Tangguh, itulah, lansia tidak hanya menjadi objek pembangunan tetapi juga dapat menjadi subjek pembangunan. Dimana lansia dapat menjaga kesehatan, meningkatkan aspek spiritual dan sosial,” tutupnya.

Sebagai informasi, Sekolah Lansia Tangguh merupakan inovasi BKKBN untuk memberikan konsep “Belajar Sepanjang Hayat, Bahagia Sepanjang Waktu” baik kepada para keluarga lansia maupun lansia itu sendiri melalui pembiasaan berpikir dan perilaku positif serta beradaptasi dengan perkembangan IPTEK sesuai kemampuan masing-masing.(hsa)